Sejarah Kue Dorayaki dan Bagaimana Cara Membuatnya

Sejarah Kue Dorayaki dan Bagaimana Cara Membuatnya

Buat yang suka menonton kartun Doraemon, pastinya sudah tidak asing dengan kue dorayaki. Kue dorayaki adalah kue yang berasal dari Jepang yang menjadi kue kesukaan Doraemon. Meski sudah cukup terkenal bahkan hingga luar Jepang, namun sebagian orang belum mengetahui secara pasti sejarah dorayaki ataupun cara membuatnya. Nah, agar tidak bingung, simak informasi tentang segala seluk beluk kue Dorayaki berikut ini.

Asal Usul Kue Dorayaki

Kue Ini diperkenalkan oleh Ueo Usagiya pada tahun 1914. Saat diperkenalkan pertama kali, dorayaki memiliki bentuk pancake yang hanya terdiri dari satu lembar saja. Tapi seiring dengan pekembangan waktu, kue ini diubah menjadi dua lembar pancake yang ditumpuk jadi satu dan tengahnya diberi berbagai isian sehingga bentuknya lebih mirip seperti pesawat UFO. Di Jepang, kue ini digunakan sebagai panganan sehari-hari dan juga banyak dijajakan pada saat ada festival rakyat. Kue bercitarasa manis dan gurih ini juga memiliki nama lain, yaitu mikasa. Kue dorayaki mulai dikenal di luar Jepang sejak kartun Doraemon mengudara. Di kartun ini dorayaki memang sering sekali muncul sebagai kue kesukaan Doraemon.

Berbagai Rasa Kue Dorayaki

Seperti yang dapat dibaca di atas, saat pertama kali muncul kue ini tidak memiliki rasa khusus. Rasanya hanya manis gurih karena belum memiliki isian apapun. Seiring berkembangnya waktu, dorayaki dibuat dengan menambahkan isian di tengahnya. Isian inilah yang membuat varian rasa dorayaki menjadi lebih banyak. Rasa klasik dari kue dorayaki adalah rasa kacang merah. Pasta kacang merah yang dioleskan di tengah kue menjadi salah satu rasa pertama dari dorayaki. Namun seiring berkembangnya zaman, dorayaki dibuat dengan menghadirkan rasa yang berbeda-beda, antara lain dorayaki isi pandan, coklat, nangka, dan keju. Bahkan, sesuai dengan berkembangnya varian rasa yang lebih modern, isian dorayaki ada pula yang berupa selai buah, cream cheese, matcha, Nutella, bahkan Oreo.

Cara Membuat Kue Dorayaki

Untuk membuat kue legendaris ini tidaklah sulit. Bahan yang dibutuhkan juga mudah, antara lain, tepung terigu, gula, susu, dan isian sesuai selera. Selain itu, cetakan dorayaki juga dibutuhkan. Cetakan yang digunakan untuk membuat dorayaki bentuknya memang lebih lebar dari bentuk cetakan martabak mini atau kue. Bentuknya hampir mirip seperti cetakan kue apem. Untuk membuat adonan, campurkan semua bahan hingga rata. Panaskan cetakan dorayaki dan olesi dengan minyak atau mentega. Mengoleskan minyak atau mentega ini akan membuat hasil kue dorayaki menjadi lebih cantik dan jauh dari lengket. Tuangkan adonan dalam cetakan dan tutup cetakan. Setelah beberapa menit, buka tutup dan angkat kue. Tumpuk dua buah dorayaki dan oleskan isian sesuai selera di dalamnya. Kue dorayaki ini akan sangat nikmat disantap di sore hari sebagai teman secangkir teh hangat.

Demikianlah info tentang sejarah kue dorayaki dan juga hal-hal lain seputar kue khas Jepang ini. Bagi Anda yang ingin membuat dorayaki sendiri di rumah, lebih baik gunakan cetakan khusus dorayaki karena hasil akhirnya akan lebih bagus. Cetakan kue dorayaki sudah banyak dijual dan harganya sudah cenderung murah. Jika tidak bisa menemukan cetakan dorayaki di sekitar Anda, belilah secara online. Tapi jangan lupa, baca dulu review tentang merk cetakan dorayaki di beli.com agar Anda tidak salah pilih.

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*