Perbedaan Intel Chipset Z170 dengan H170  

Perbedaan Intel Chipset Z170 dengan H170  

Sepertinya para vendor motherboard mulai tidak sabar untuk menciptakan teknologi terbaru, tak terkecuali Intel yang baru – baru ini mengeluarkan chipset Z170 dan H170 yang diberi codename SkylakeS. Mungkin Anda sedikit mencari-cari sebenarnya apa perbedaan yang dimiliki chipset Z170 dengan H170, jika di lihat-lihat mereka memiliki kemampuan yang relatif sama. sebenarnya letak perbedaan yang sangat penting dari chipset Z170 dan H170 ini ialah kompabilitas memori, storage media serta slot ekspansi. Perbedaan ini karena kemampuan chipset Z170 yang jauh lebih handal mengontrol pheripherals dibandingkan dengan adiknya.

intel z170

Motherboard tersebut mempunyai 4 slot DIMM, memori dengan jenis DDR4 dengan kecepatan 2133 hingga 3400 MHz, Non ECC. Memori yang dipasang dapat dikonfigurasi dual channel serta mendukung penuh XMP atau Intel Extreme Memory Profil. Untuk konektivitas, motherboard ini sudah dibekali dengan 4 port SATA, 2 dari 4 port SATA ini kompatibel dengan SATA Express. Interface ini kompatibel dengan RAID 0/1/5/10 serta di dukung oleh Rapid Storage Technology. Slot ekspansi di motherboard ini juga berbeda, ia memiliki 2 slot PCI 3.0/3.0X16 yang dapat berjalan dengan speed X8 saat dipasangi 2 graphic card yang dapat berjalan dalam konfigurasi x4.

Untuk H170, H170 ini sengaja ditujukan untuk mereka yang suka dan gemar bermain game dengan memanfaatkan H170 ini. memilih H170 sepertinya memang pilihan yang terbaik. Perbedaan Z170 ini dengan H170 ialah harganya yang lebih ramah kantong. Tidak dapat dipungkiri jika harga jual dari H170 memang lebih murah dengan performa yang hampir sama. Bagi pecinta gaming tentu saja hal ini seperti angin segar bagi mereka.

Jika dibandingkan dengan Z170, untuk H170 ini mempunyai keterbatasan seperti dukungan overlock, dengan jumlah lajur PCI Express serta konfigurasi PCI Express dari processor. Walaupun begitu jika Anda tidak memiliki keinginan untuk melakukan overlock atau pun menggunakan 2 kartu grafis secara sekaligus, Anda dapat menjadikan H170 ini sebagai pilihan yang paling tepat. Berbeda jika Anda ingin melakukan overlock secara terus menerus bahkan memasang 2 kartu grafis secara sekaligus untuk mendapatkan gambar yang maksimal, maka H170 ini tidak bisa dijadikan sebagai pilihan yang terbaik.

perbedaan intel z170 h170

H170 sebenarnya sudah di dukung oleh processor Intel yang paling baru yakni Skylake dan juga kartu grafis yang paling update yaitu dengan PCI Express, namun kekurangannya ia di dukung oleh memori utama yakni DDR3 bukan DDR4 yang lebih sering digunakan. Intel Skylake ini juga di dukung oleh DDR3, akan tetapi ia hanya di dukung hingga tegangan 1,35V atau DDR3L. Apabila Anda sudah menggunakan DDR3L di komputer lama Anda, biaya penggantian untuk ke Intel Skylake akan bisa ditekan lebih jauh.

Seperti Z170, motherboard yang berasal dari Biostar ini memang menyediakan slot PCI Express namun hanya sampai X4, ia pun juga sudah mulai menyediakan interface yang terkini yaitu SATA Express, dan USB 3.0. Mungkin secara kasat mata jika dilihat dari spesifikasi sepintas ia sama dengan kakaknya yakni chipset Z170.

Untuk H170 ia juga dibekali dengan fitur audio yang bisa dijadikan andalan pada beberapa motherboard biostar, hadir juga H170 seperti HiFi AMP, Blu Ray tanpa melakukan down sample, untuk HiFi AMP3D, merupakan kemampuan yang sengaja dipasang dengan headphone yang berimpedansi tinggi. Jadi, pilih mana Chipset Z170 atau H170? Semua memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*