Manfaat OTG Iphone Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Manfaat OTG Iphone Yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Untuk menghubungkan antara perangkat yang satu dengan yang lainnya membutuhkan perantara. Biasanya untuk memindah data dari laptop ke smartphone atau dari flashdisk ke smartphone harus menggunakan memori atau USB host yang dipindahkan ke laptop baru dipindahkan ke ponsel. Akan tetapi, perkembangan teknologi yang semakin tinggi, membuat Anda tidak perlu lagi memindahkan file 2 kali, misalnya dari flash disk ke smartphone yang tidak hanya harus disambungkan ke laptop baru ke smartphone, namun saat ini Anda dapat menggunakan kabel OTG.

OTG atau on the go merupakan USB yang memungkinkan Anda untuk dapat menghubungkan flashdisk, mouse, kamera digital ataupun keyboard ke ponsel pintar Anda. Namun yang harus Anda perhatikan adalah, tidak semua ponsel mendukung fitur OTG ini sehingga sebelum Anda menggunakan OTG, pastikan jika ponsel Anda mendukung. Tidak hanya jenis ponsel dengan sistem operasi Android yang mendukung OTG namun juga ponsel iOS seperti iPhone.

Ponsel keluaran Apple tersebut menjadi salah satu ponsel yang merajai pasar gadget dan hingga saat ini ponsel dengan teknologi yang canggih tersebut memiliki harga yang cukup tinggi. Akan tetapi, penggunaan OTG pada ponsel iOS harus memerlukan bantuan aplikasi seperti iFile dan perlu dilakukan jailbreak terlebih dahulu agar dapat digunakan. Salah satu jenis OTG yang diperuntukkan bagi ponsel iOS seperti iPHone adalah SandDisk dengan iXpand Flash Drive.

Produk dari SandDisk tersebut didesain khusus untuk perangkat iOS. Kabel OTG tersebut memiliki kecepatan yang setara dengan USB 3.0. Penggunaan iXpand yang hanya tinggal disambungkan ke iPhone ini dibekali dengan keamanan data dan storage atau memori yang dapat menjadi memori eksternal mengingat produk dari Apple tersebut tidak memiliki memori eksternal. Terdapat beberapa jenis iXpand yaitu 16, 32, 64 dan 128 GB namun, perangkat OTG Iphone ini hanya cocok digunakan untuk iOS 8.2 keatas yaitu seperti iPhone 5 hingga iPhone 6s.

Kelebihan yang ditawarkan oleh iXpand adalah dalam perangkat OTG tersebut telah disediakan aplikasi yang bernama iXpand Sync. Aplikasi tersebut berfungsi untuk dapat memutar file seperti video dan musik yang berasal dari beberapa format sehingga Anda tidak perlu mengkonversi terlebih dahulu atau menggunakan iTune. Selain itu, OTG dari SandDisk ini memiliki konektor USB 2.0 yang dapat digunakan untuk menghubungkannya ke PC baik jenis PC dengan basis sistem operasi Mac ataupun Windows. Di tahun 2015, SanDisk iXpand ini baru ada di India dan harga yang ditetapkan adalah US$ 72.14.

Jika dilihat dari design, iXpand yang dikeluarkan oleh SandDisk yang menjadi OTG iPhone ini memiliki bentuk yang unik. Biasanya, kabel OTG yang digunakan untuk smartphone dengan OS Android hanya sebatas seperti kabel USB pada umumnya namun untuk OTG ipad berbentuk seperti card reader jaman dahulu. Konektor Lightening diletakkan sejajar dengan konektor USB dengan mempergunakan kabel yang fleksibel dan berbahan dasar karet yang cukup kuat.

Walaupun di atas disebutkan jika OTG dapat digunakan di iOS v8.2 namun, konektor lighting pada USB OTG 16 GB ini mendukung penggunaan iOS v7.1. Bahan yang digunakan untuk membalut iXpand tersebut adalah dari bahan metal yang koko dan berwarna silver sehingga membuat alat ini tidak terlihat seperti OTG yang biasa digunakan dan tampilan menjadi lebih berkelas. Tutup yang digunakan untuk USB OTG ini terbuat dari bahan plastik yang kuat atau solid dan tembus pandang.

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*