5 Macam Pilihan HSF CPU Ampuh Untuk Dinginkan PC

5 Macam Pilihan HSF CPU Ampuh Untuk Dinginkan PC

Komputer merupakan perangkat teknologi yang sangat diperlukan nyaris semua orang sekarang ini, tapi juga sangat rentan dengan berbagai macam gangguan. Pemakaian yang sangat intensif misalnya, bisa membuat suhu di dalam komputer menjadi terlalu panas dan merusak bagian-bagian di dalamnya, terutama prosesor. Apalagi kalau Anda menggunakan komputer tersebut untuk bermain game, suhu di dalamnya bisa mencapai bahkan 100o C!

Inilah kenapa setiap sistem komputer yang Anda beli selalu memiliki sistem pendingin bawaan, yaitu heat sink. Namun ironisnya, kadang HSF ini sendiri bisa menjadi panas juga, terutama ketika CPU beroperasi dalam kapasitas penuh. Inilah kenapa kemudian sistem biasa ditambahkan dengan fan atau kipas, sehingga disebut dengan HSF, yang merupakan kepanjangan dari Heat Sink and Fan. Fungsinya kelas, untuk mencegah agar komputer dan heat sink itu sendiri agar tidak overheating.

Meskipun setiap komputer sudah memilikinya, namun tidak semua HSF CPU bawaan tersebut bisa berfungsi dengan maksimal. Inilah sebabnya, jika Anda sempat, belilah HSF yang berkualitas dan sepadan dengan komputer Anda.

Ada banyak HSF yang dijual di pasaran, tapi mana yang paling cocok? Berikut ini adalah ulasan tentang beberapa jenis HSF yang bisa Anda coba:

  1. Cooler Master Hyper 103

HSF kelas awal ini bisa Anda gunakan untuk prosesor AMD maupun Intel, dengan kipas yang khusus dari Cooler Master dan tak bisa dipasang kipas tambahan. Untuk HSF yang termasuk berharga murah, Cooler Master Hyper 103 memberikan hasil yang cukup lumayan.

      2. Thermalright True Spirit 120

Heatsink dengan 4 heatpipe serta berbentuk seperti fin yang bergelombang. Bisa dipakai untuk AMD dan Intel, HSF ini tidak memberikan tempat untuk kipas tambahan. Namun hal ini sebenarnya tak terlalu perlu karena Thermalright True Spirit 120 memberikan performa untuk pendinginan CPU yang sangat bagus kalau Anda menggunakan komputer untuk keperluan sehari-hari yang cukup intensif.

      3. Enermax ETS-T40-TB

Memiliki 2 buah kipas sekaligus yang membuatnya menjadi HSF yang efektif mendinginkan CPU, Enermax ETS-T40-TB juga memiliki 4 heatpipe, karet untuk meredam getaran, kunci bracket mounting, dan mendukung Intel serta AMD. Pemasangannya mudah, dan HSF ini sangat efektif dalam melepas panas, membuat suhu saat berpindah ke idle tetap terjaga dinginnya, bahkan setelah beban load yang cukup intensif.

      4. Thermaltake Contac 30

Harganya cukup menggoda, dan HSF ini sendiri juga memiliki performa yang cukup baik. Meski hanya memiliki 3 buah heatpipe, namun HSF Thermaltake Contac 30 memberikan tempat untuk mounting kipas ekstra. Bentuknya yang melengkung membuatnya harus menggunakan lebih banyak thermal paste, tapi hasil pendinginannya sendiri di atas rata-rata, menjadikannya valuable bagi Anda yang berbudget rendah.

      5. Deepcool Gammaxx 400

Ini HSF yang harganya rendah namun performanya cukup mumpuni. 4 buah heatpipe, clip mounting, klip tambahan untuk kipas ekstra kalau Anda ingin, dan juga dukungan untuk pemasangan pada prosesor AMD dan Intel. Hasil pendinginan yang diberikan pada saat idle dan juga load cukup memuaskan, sehingga untuk yang budgetnya terbatas, HSF ini bisa jadi pilihan.

Namun pada akhirnya, HSF CPU yang Anda pilih adalah yang paling sesuai dengan komputer Anda sendiri, kebutuhan Anda, dan juga keinginan. Anda yang tidak menggunakan komputer untuk gaming tak memerlukan sistem pendingin yang terlalu kompleks, sementara para gamer lebih baik menjaga agar tower mereka selalu dalam keadaan siap “perang”. Selamat memilih!

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*