Review Berbagai Pilihan RAM 4GB Beserta Harga

Review Berbagai Pilihan RAM 4GB Beserta Harga

Di pasaran komputer Indonesia, Kita akan berkenalan dengan beberapa jenis dan kapasitas RAM yang berbeda-beda. Perkembangan pada dunia komputer memang tergolong sangat pesat, bahkan untuk setiap bagian hardware di dalamnya. Perkembangan pada RAM sendiri juga tergolong cepat, sebab beberapa generasi RAM sudah mengalami pembaharuan hingga sekarang. Ketika membeli perangkat laptop seharga Rp 4 jutaan misalnya, maka Kita bisa menikmati performa RAM jenis DDR3.

Sekilas Tentang RAM

RAM merupakan salah satu hardware yang berukuran sangat kecil, namun memiliki kemampuan super besar. Bersama Random Access Memory tersebut pengguna laptop, komputer, bahkan handphone bisa menggunakan data di aplikasi yang dibuka sebelumnya. Karakter utama dari RAM ialah menyimpan data untuk sementara waktu, data yang tersimpan masih bisa diolah. Namun dengan catatan, perangkat yang digunakan dalam kondisi menyala, ketika mati karena daya habis, atau sengaja dimatikan maka data dalam RAM ikut terhapus.

Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara, kapasitas RAM juga mempengaruhi kinerja perangkat yang didukung performanya. Apabila sering bermasalah dengan perangkat digital yang lemot, maka boleh jadi RAM yang tertanam kapasitasnya kecil. Semakin besar kapasitas atau ukuran RAM maka kinerjanya akan semakin maksimal, dan juga cepat. Kemampuan perangkat digital untuk tetap bekerja dengan baik meski ada banyak aplikasi yang dijalankan sekaligus. Juga bergantung pada kapasitas dari RAM itu sendiri, maka saat membeli perlu ditengok jenis dan kapasitas RAM yang ditawarkan.

Sebagai Kartu Grafis

Pengguna perangkat digital, terutama jenis komputer maupun laptop kadang mencari RAM yang cukup besar. Tujuannya tentu disesuaikan dengan pemakaiannya, apakah berhubungan dengan grafis sebab RAM merupakan kartu grafis pada laptop dan komputer. Bersama RAM yang besar pengguna laptop atau komputer bisa leluasa melakukan:

  • Bermain game dengan grafis yang jelas dan memuaskan sehingga terasa nyata untuk menikmati sepanjang permainan.
  • Membantu olah desain grafis, sehingga pemilihan warna ketika dicetak dan digerakkan (jika berupa animasi) bisa sangat jelas dan serupa.

Besarnya dukungan RAM pada sebuah perangkat digital, membuat masing-masing vendor saing bersaing menyuguhkan yang terbaik. Selain bermain dengan kapasitas yang semakin waktu semakin ditingkatkan juga dikembangkan dari segi jenisnya. Beberapa jenis RAM mampu menampung kapasitas olah data dengan kekuatan besar sampai puluhan atau ratusan gigabyte. Meski begitu tetap saja harus selalu berpatokan pada tujuan pemakaian perangkat yang dibeli tersebut.

Kinerja Komputer dengan RAM DDR 3

Sekarang Kita mulai dekat dan kenal dengan RAM DDR3 yang disinyalir mampu mengoptimalkan kinerja komputer atau laptop. Bersama jenis DDR3 pengguna perangkat tersebut bisa bekerja lebih optimal dan tentunya semakin efisien dari banyak segi. RAM jenis ini pun menyajikan kapasitas yang lebih besar maksimal mencapai 24GB untuk komputer dengan spesifikasi tinggi. Bagi yang membutuhkan RAM untuk kegiatan gaming bisa mendapatkan performa maksimal dengan RAM 4GB.

Dengan RAM 4GB jenis DDR3 bermain game jenis GTA V, Sniper Elite, Watch Dog, dan sebagainya bisa sangat terpuaskan. Khusus untuk RAM kapasitas 4GB ini bisa dijumpai pada laptop vendor tertentu, seperti:

  • Acer Aspire E5-473G-421OU dengan sistem operasi terbuka jenis Linux Gray harganya sekitar Rp 6.5 jutaan.
  • Asus X455LJ-WX320T Red yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dan didukung processor intel Core i3, seharga Rp 6.1 jutaan.
  • DELL Inspiron 14-3458-4005U Black, sistem operasi Linux dengan processor intel Core i3 dengan harga Rp 4.8 jutaan.
Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*