Madu Propolis

  kategori : ,

Review Produk

Belum ada review untuk produk ini

Bagikan

Brand :

Madu sudah dikenal banyak orang dengan khasiatnya dan rasanya yang manis. Tapi selain madu, produk lain dari lebah yang biasanya dijual adalah madu propolis, yang dikatakan memiliki khasiat yang tak kalah dengan madu, bahkan mungkin lebih. Anda mungkin sudah sering mendengar tentang propolis, tapi sudah tahukah Anda apa sebenarnya propolis tersebut?

Secara sederhananya, propolis merupakan bahan semacam resin yang merupakan campuran dari segala macam elemen yang dikumpulkan oleh lebah di sarangnya. Propolis ini sendiri sangat kompleks dan tidak bisa dibuat oleh manusia, meskipun propolis ini sendiri sebenarnya bisa didapatkan dari pohon tertentu.

Jadi, madu propolis sebenarnya bukanlah madu, tapi memang biasanya diambil dari sarang lebah, sehingga banyak orang yang salah kaprah tentangnya. Tapi apa sebenarnya kegunaan dari propolis ini sendiri? Berikut ini adalah ulasan tentang propolis, beserta efek sampingnya:

  1. Propolis sebagai antibiotik alami

Antibiotik yang sekarang ini memiliki masalah di mana penyakit yang menggunakan antibiotik berlebih dalam pengobatannya akan menjadi kebal, dan justru membunuh bakteri baik di tubuh. Propolis tidaklah demikian. Antibiotik di dalamnya kuat, tapi juga tidak membunuh bakteri baik yang diperlukan tubuh.

  1. Propolis sebagai pembasmi jamur berbahaya

Jamur yang tumbuh di tubuh dan menyebabkan infeksi serta berbagai penyakit seperti Candida yang menyerang alat kelamin misalnya, bisa diatasi dengan menggunakan propolis. Sistem imunitas tubuh yang diberikan propolis menunjukkan tanda bahwa sistem tersebut menghambat jamur tersebut menyebar, dan bahkan bisa jadi menghancurkannya.

  1. Propolis mencegah infeksi

Infeksi seperti infeksi telinga yang banyak terjadi pada anak-anak, yang bahkan bisa menyebabkan tuli, bisa ditangani menggunakan propolis. Kandungan caffeic acid phenethyl ester di dalamnya terbukti bisa meredakan infeksi yang terjadi pada telinga tersebut. Demikian juga dengan infeksi kuku, yang bisa dicegah menyebar karena adanya flavonoids di dalam propolis.

  1. Propolis untuk kesehatan gigi

Semakin bagus kesehatan gigi, berarti semakin baik juga kesehatan tubuh. Propolis telah diteliti memberikan manfaat yang sama dengan fluoride, yang mempunyai efek samping tidak baik bagi mulut. Dengan bahan alami dari propolis, banyak yang menyarankan bahwa propolis bisa menjadi alternatif yang lebih baik.

  1. Propolis untuk mencegah kanker

Orang-orang Assyria kuno telah menggunakan propolis untuk mencegah tumor tumbuh dan menyebar, dan kedokteran modern telah membuktikan bahwa caffeic acid phenethyl ester dari propolis memang mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker yang berbahaya pada kanker prostat dan kanker rahim.

  1. Propolis untuk suplemen tulang

Propolis juga mengandung berbagai komponen nutrisi penting bagi tulang, seperti vitamin A dan B kompleks, kalsium, magnesium, fosfor, dll. Dengan adanya semua nutrisi di dalamnya tersebut, propolis dapat mencegah terjadinya penyakit tulang yang parah.

Resiko

Namun yang harus diperhatikan saat Anda memutuskan untuk menggunakan propolis demi kesehatan Anda adalah adanya efek samping dari penggunaannya. Ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan propolis:

  • Bagi ibu yang mengandung dan menyusui, propolis ditakutkan masih memberikan efek samping yang tidak baik bagi bayi, jadi jangan dulu mengkonsumsinya.
  • Bahan kimia alami di dalam propolis juga dipercaya bisa memicu asma bagi yang memiliki penyakit ini.
  • Kalau Anda memiliki alergi terhadap produk dari lebah, misalnya madu, maka jangan pernah menggunakan propolis.
  • Jika Anda akan operasi, propolis sebaiknya tidak dikonsumsi 2 minggu sebelumnya. Ini karena propolis bisa memperlambat proses pembekuan darah, dan Anda beresiko pendarahan.
Data fitur belum tersedia
Madu Propolis di twitter :

 Review   Review


Belum ada review untuk produk ini.

 Pertanyaan   Pertanyaan


Belum ada pertanyaan untuk produk ini.