LED Monitor AOC N950SW 18.5″

  kategori : ,

Review Produk

Belum ada review untuk produk ini

Bagikan

Brand :

Dengan semakin terjangkaunya harga monitor layar datar, kenyamanan komputasi sehari-hari kini tak lagi cukup dengan monitor 15 inci yang dulu pernah menjadi primadona batas bawah monitor untuk komputer desktop. Kini standar ukuran monitor yang umum digunakan pada level 1 jutaan ke bawah adalah layar datar 19 inci atau 18.5 inci (16:9). Sebagai produsen monitor terkemuka dan cukup rajin memperbarui lini produknya, AOC pun tidak mau ketinggalan untuk terjun ke pangsa pasar yang besar ini dengan terus memperkaya jenis produk monitornya yaitu LED Monitor AOC N950SW 18.5 inch.

Dengan desain yang minimalis, rapi dan elegan, AOC N950SW sama sekali tidak terlihat murahan. Dibalut dengan bodi hitam glossy, monitor ini sangat tipis berkat tapered edges. Bagian belakang monitor ini dirombak sedikit oleh AOC dengan mengubah posisi konektor power dan VGA menjadi menghadap ke belakang, bukan lagi ke bawah. Perubahan posisi hadap konektor ini diklaim AOC akan mempermudah pemasangan kabel dibandingkan posisi konvensional. Namun, apabila Anda ingin menggunakan VESA mount yang tipis untuk memasang monitor di dinding, Anda akan mengalami sedikit kendala. Anda harus membelokkan kabel-kabel tersebut agar tidak mentok ke dinding.

FITUR RAMAH LINGKUNGAN (ECO GREEN) PADA MONITOR AOC

Berbeda dengan tren yang ada di pasaran saat ini, yakni monitor tipe LED backlight panel, AOC N950SW merupakan monitor LCD yang hadir tanpa LED backlight, karena monitor ini mengedepankan aspek 'Green' yang ramah lingkungan dan hemat daya. LCD ini hanya mengonsumsi daya 'sekecil' 0.5 watt saja dalam posisi standby dan kurang dari 20 watt saat beroperasi. Faktor ini membuatnya tidak kalah dari LED yang beredar di pasaran.

Penghematan daya AOC N950SW dimungkinkan karena adanya fitur 'Eco'. Saat diaktifkan, fitur Eco akan mengatur rasio kontras dinamis pada layar berdasarkan kondisi pencahayaan ruangan dan gelap/terang gambar/film yang sedang divisualisasikan pada layar. Ketika layar menampilkan visual yang sangat terang, maka kecerahan (brightness) layar akan bertambah, dan ketika layar menampilkan visualisasi yang bernuansa gelap, maka lampu latar (backlight) akan berkurang. Ini membuat konsumsi daya monitor ini dalam keadaan yang sangat optimal.

Karena resolusi bawaannya 1366 x 768, resolusi maksimal AOC N950SW hanya sampai HD saja, tidak sampai Full HD. Walaupun demikian, kualitas gambar yang dihasilkan cukup memadai dan bagus untuk berbagai konten. Kelebihan lain dari monitor ini adalah kemampuannya untuk menampilkan film berkecepatan tinggi sampai 60 fps. Meskipun reponse time-nya hanya 5 ms, tidak ada bayangan (ghosting) ataupun patah-patah (tearing) pada layar. View angle (sudut pandang) maksimal sebelum terjadi distorsi pada monitor ini tergolong standar.

Ketika Anda mengaktifkan fitur DCR/Eco pada monitor AOC N950SW, warna-warna yang ditampilkan akan sedikit terpengaruh karena ketika kontras berubah naik-turun, saturasi warna juga akan berubah. Bagi pengguna pemula, mungkin hal ini tidak akan jadi masalah. Namun, bagi pengguna yang sudah mahir, hal ini akan sangat dihindari. Kekurangan dari monitor ini adalah tidak adanya opsi untuk DVI, HDMI, dan DisplayPort. Monitor ini hanya memiliki input analog tunggal D-sub 15 pin (VGA).

KESIMPULAN

AOC N950SW memang bukan monitor kelas atas yang menggemparkan dunia perkomputeran. Dengan harga yang tidak menguras kantong, fitur-fitur 'Green', dan kualitas yang tidak murahan, monitor ini sudah memuaskan banyak pengguna mainstream. Bila Anda mengutamakan fitur hemat daya dan fungsi dasar, maka monitor ini boleh jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Ukuran LCD 18.5 inci
Resolusi 1366 x 768 pixel
Brightness 200 cd/m²
Dot Pitch 0.3 mm
Rasio Kontras 2000000 : 1
Jumlah Warna 16.7 juta warna
Waktu Respond 5 ms
Port 1 x VGA - 15 pin HD D-Sub (HD-15)
Panjang 44.00 cm
Lebar 34.20 cm
Tinggi 17.50 cm
Garansi 1 tahun Garansi Terbatas Distributor
LED Monitor AOC N950SW 18.5″ di twitter :

 Review   Review


Belum ada review untuk produk ini.

 Pertanyaan   Pertanyaan


Belum ada pertanyaan untuk produk ini.