FX-6300 Vishera 6-Core 3.5 GHz

  kategori : , ,

Review Produk

Belum ada review untuk produk ini

Bagikan

Brand :

Sedang berpikir untuk membangun komputer tapi mempunyai budget yang ekstra terbatas? Kalau situasi Anda memang seperti itu, saran pertama yang bisa diberikan adalah sebaiknya menunggu dulu sambil menabung. Ini karena membangun PC yang mumpuni membutuhkan modal yang tak bisa dibilang sedikit. Kalau Anda berada dalam posisi terjepit, pilihan Anda tak banyak.

Namun bukan berarti kondisi Anda tak ada harapan sama sekali. Dimulai dari prosesor, Anda memiliki beberapa jenis pilihan yang bisa Anda beli dalam budget di kisaran Rp1 jutaan. Salah satunya adalah prosesor dari AMD, yaitu AMD FX-6300. Dengan harga yang semurah itu, ternyata prosesor ini tak kalah bersaing dengan kompetitor abadinya, Intel. Berikut ini adalah ulasannya:

  1. Spesifikasi multi-coreAMD FX-6300 sudah merupakan prosesor Hexa-Core alias memiliki 6 buah inti di dalamnya. Meski demikian, arsitektur prosesor yang digunakan untuk AMD FX-6300 masih menggunakan Vishera yang merupakan arsitektur lama. Ini tentu ketinggalan selangkah dibandingkan prosesor Intel yang sudah memakai arsitektur Haswell.Namun kekuatan AMD FX-6300 terlihat di jumlah L2 serta L3 cache yang cukup besar (masing-masing 6 MB dan 8 MB), clockspeed 3.5 GHz, dan TDP 95 Watt. Saat dibandingkan dengan prosesor dari Intel Core-i3, meskipun kalah dalam performa single-threaded, performa untuk multi-threaded prosesor ini tak boleh diremehkan.
  2. Boros dayaPerforma untuk AMD FX-6300 bisa dibilang cukup memuaskan, apalagi untuk ukuran prosesor dengan harga sekian. Namun Anda juga harus membayarnya dengan daya listrik yang lebih besar dan sangat boros, serta TDP yang juga tinggi. Ini adalah kompensasi yang Anda dapatkan terutama ketika menjalankan game.
  3. Bisa dipakai bersama GPU kuatJika Anda berencana untuk nantinya melakukan upgrade terhadap GPU Anda, maka AMD FX-6300 bisa menjadi pilihan untuk prosesor karena setidaknya Anda tak akan mengalami bottleneck dengan GPU yang lebih berkualitas.
  4. Mobo harus bagusAMD FX-6300 juga membutuhkan motherboard yang berkualitas dengan heatsink dan regulator daya efisien kalau Anda ingin memakai prosesor yang rakus daya ini. Tapi setidaknya ini memaksa Anda untuk mencari mobo yang terbaik dan bisa bertahan lebih lama.
  5. OverclockingDengan melakukan overclock, Anda akan mendapatkan bahwa AMD FX-6300 memberikan peningkatan performa yang sangat terlihat. Bahkan untuk mendapatkan kecepatan melebihi aslinya, yaitu sampai 4.3 GHz, Anda bisa melakukannya tanpa harus menambah daya. Dengan begini, kalaupun Anda menggunakan komputer untuk gaming, Anda bisa melakukannya dengan cukup nyaman.
  6. SuhuAMD FX-6300 merupakan prosesor yang cukup dingin. Dengan catatan Anda menggunakannya untuk keperluan biasa. Pendingin yang dibawa oleh prosesor ini tidaklah terlalu bagus dan memiliki airflow yang buruk. Jadi Anda sebaiknya menggunakan pendingin sendiri, apalagi kalau Anda berencana menggunakan komputer tersebut untuk gaming.

Kesimpulan

AMD FX-6300 merupakan alternatif prosesor yang bagus kalau Anda memang belum mampu membeli seri Ivy Bridge dari Intel. Dengan performa yang mumpuni, kemampuannya untuk di-overclock sampai maksimal, bisa dipakai untuk GPU yang lebih tinggi tanpa terjadinya bottleneck, dan suhu yang cukup terjaga, maka Anda bisa menggunakan prosesor ini untuk budget gaming PC milik Anda.

Hanya saja ingat, Anda juga harus membayarnya dengan daya yang lebih boros dan juga motherboard yang harus lebih mahal. Ini karena AMD FX-6300 tak akan berfungsi dengan baik tanpa adanya mobo yang bagus. Jadi belilah ini kalau Anda sudah memiliki mobonya lebih dulu.

Data fitur belum tersedia
FX-6300 Vishera 6-Core 3.5 GHz di twitter :

 Review   Review


Belum ada review untuk produk ini.

 Pertanyaan   Pertanyaan


Belum ada pertanyaan untuk produk ini.