Memahami Sejarah Yogurt Dan Khasiatnya Untuk Tubuh

Memahami Sejarah Yogurt Dan Khasiatnya Untuk Tubuh

Bagi penggemar makanan dan minuman sehat, tentunya yogurt sudah bukan hal asing lagi. Ya, bahan makanan yang dibuat dengan proses fermentasi susu ini memang banyak manfatnya bagi tubuh. Sayangnya, masih banyak orang yang belum tahu banyak tentang yogurt dan khasiatnya untuk tubuh sehingga cenderung malas mengonsumsinya. Agar tak melewatkan manfaatnya, yuk simak informasi tentang sejarah dan manfaat bahan makanan bercitarasa asam ini.

Awal Kemunculan Yogurt

Banyak yang percaya jika bahan makanan ini pertama kali dikonsumsi orang-orang di daerah Timur Tengah dan Balkan. Nama yogurt sendiri berasal dari kata “jugurt” dalam Bahasa Balkan yang artinya “rasa asam”. Proses fermentasi dalam pembuatan yogurt inilah yang memunculkan rasa asam. Tak heran jika banyak orang menganggap rasa yogurt ini mirip dengan rasa susu yang sudah basi. Seiring berkembangnya waktu, yogurt berkembang menjadi salah satu alternatif pengganti susu di berbagai negara, terutama Eropa. Yogurt digunakan untuk membuat makanan penutup dan minuman.

Mulai sadarnya masyarakat jika yogurt mempunyai manfaat tinggi untuk tubuh dimulai saat seorang peneliti E. Metchnikoff mempublikasikan hasil penelitiannya. Sang peneliti merasa heran dengan usia panjang orang -orang di Bulgaria. Kemudian ia melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa masyarakat di dataran tinggi Bulgaria panjang umur karena mengonsumsi yogurt. E. Metchnikoff juga menyadari banyak khasiat yogurt untuk tubuh ternyata memang benar setelah dibuktikan melalui penelitiannya. Sejak saat itu, keberadaan susu fermentasi ini telah diakui mempunyai manfaat yang tinggi untuk kesehatan.

Manfaat Yogurt dan Khasiatnya

  • Menurunkan Darah Tinggi

Yogurt mengandung kalium yang berguna untuk mengeluarkan kelebihan garam yang ada dalam tubuh. Garam berlebih yang ada pada tubuh dapat menyebabkan seseorang menderita darah tinggi. Masalah darah tinggi dapat diatasi dengan mengonsumsi yogurt secara rutin karena kandungan garam akan hancur saat melawan kandungan asam yang ada pada yogurt.

  • Kaya Akan Vitamin yang Penting untuk Tubuh

Vitamin merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan untuk tubuh. Selain vitamin, yogurt juga mengandung seng, kalium, riboflavin dan fosfor yang memenuhi kebutuhan tubuh bagi orang dewasa dan anak-anak. Dengan mengonsumsi yogurt maka kebutuhan vitamin dan zat penting lainnya akan tercukupi.

  • Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan prebiotik yang ada pada yogurt mampu menjaga keseimbangan mikroflora pada usus manusia. Hal ini dapat membantu menyeimbangkan bakteri yang terkandung pada sistem pencernaan, sehingga membantu menyerap nutrisi lebih cepat. Tidak hanya baik untuk pencernaan, mengonsumsi yogurt biasanya juga dilakukan oleh orang yang sedang diet.

  • Menjaga Kesehatan Gigi

Kandungan asam yang ada pada yogurt memiki manfaat untuk kesehatan gigi dan gusi. Untuk mencegah resiko penyakit periodental. Untuk mencegahnya, cukup konsumsi sekitar dua ons yogurt setiap hari. Tak banyak yang menyangka jika asam laknat pada yogurt dapat menyehatkan gusi dan menguatkan gigi.

  • Mencegah Osteoporosis

Yogurt memiliki kandungan kalsium yang baik untuk tulang. Tulang yang tidak dinutrisi dengan baik akan membuatnya rapuh saat usia semakin tua. Kalium juga dapat menjaga kepadatan tulang dan menjaganya dari kerapuhan. Untuk itu konsumsilah yogurt secara teratur agar tulang selalu sehat pada usia senja.

Demikianlah ulasan tentang yogurt dan khasiatnya untuk tubuh yang penting untuk diketahui. Jika berminat membeli yogurt dan masih bingung merk mana yang akan dibeli, baca dulu yuk reviewnya di beli.com, situs penyedia review terpercaya di Indonesia.

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*