Manfaat Jojoba Oil Yang Belum Kamu Tahu

Manfaat Jojoba Oil Yang Belum Kamu Tahu

Ada banyak manfaat jojoba oil bagi kesehatan dan kecantikan. Minyak yang dihasilkan dari tanaman jojoba ini memiliki kandungan alami yang berkhasiat dari bijinya. Sebelum dapat diolah menjadi minyak, tanaman jojoba harus diproses sedemikian rupa kemudian diperah. Dari proses pemerahan ini, tanaman jojoba akan menghasilkan minyak yang mengandung krom, iodin, tembaga, seng, vitamin B komplek, dan vitamin E.

Minyak inilah yang kita kenal dengan jojoba oil. Minyak ini termasuk aman karena tidak akan menyebabkan iritasi terhadap kulit sensitive. Selain itu, tekstur minyaknya juga lembut dan memberi rasa dingin pada kulit. Tak heran jika minyak jojoba atau jojoba oil ini sering digunakan pada produk bayi. Sayangnya, belum banyak orang yang mengetahui khasiat dan manfaat minyak jojoba. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat minyak jojoba terutama bagi wajah dan rambut yang (sebenarnya) harus diketahui.

Manfaat Jojoba Oil untuk Kecantikan Wajah

  • Mengatasi Kulit Berminyak

Salah satu manfaat jojoba oil yang paling terkenal adalah untuk mengatasi kulit berminyak. Mempunyai kulit berminyak dapat membuat wajah terlihat kusam dan membuat wanita tidak percaya diri. Banyaknya minyak yang menumpuk di wajah juga dapat memacu munculnya jerawat. Kandungan alami pada minyak jojoba dapat membantu memperkecil pori-pori wajah sehingga mengurangi minyak berlebih pada kulit wajah. Wajah akan terlihat lebih cerah dan segar. Usapkan minyak jojoba pada wajah dengan bantuan kapas sebelum tidur malam. Pijat dan diamkan beberapa menit sebelum wajah dibilas dengan air hangat.

  • Sebagai Pembersih Makeup

Makeup yang menempel pada wajah harus dibersihkan setiap hari agar tidak merusak wajah. Kita bisa menggunakan makeup remover untuk membersihkan makeup. Namun, jika ingin membersihkan wajah dengan bahan alami, jojoba oil adalah solusinya. Kandungan minyak yang melembabkan dapat dengan mudah mengangkat sisa makeup dari wajah. Wajah akan bebas dari sisa makeup dan tampak lebih cerah. Cukup tuangkan beberapa tetes minyak jojoba pada kapas dan usapkan pada wajah seperti saat membersihkan wajah dengan makeup remover biasa.

  • Melembabkan Bibir Kering

Bibir yang terlihat kering memang sangat mengganggu penampilan. Untuk melembabkannya, para wanita lebih suka menggunakan lip butter ataupun lip gloss. Tapi, bahan alami seperti jojoba oil sebenarnya juga bisa digunakan sebagai pelembab bibir. Kandungan moisturizer yang tinggi pada jojoba oil dapat membantu melembabkan bibir dari kekeringan. Oleskan minyak jojoba pada bibir pada malam hari sebelum tidur atau kapanpun saat bibir terasa kering.

Manfaat Jojoba Oil untuk Kesehatan Rambut

  • Mengatasi Rambut Kering

Selain untuk kecantikan wajah, jojoba oil juga bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Rambut kering dapat memicu timbulnya gatal-gatal dan ketombe. Rambut kering juga membuat rambut kulit kepala terasa gatal dan memicu pertumbuhan ketombe. Untuk mengatasinya, gunakan minyak jojoba karena dapat membantu melembabkan sekaligus menghaluskan rambut. Oleskan minyak jojoba pada rambut setelah keramas, oleskan secara merata dan pijat dengan lembut agar peredaran darah di area kulit kepala lancar.

  • Mempercepat Tumbuhnya Rambut

Setiap orang selalu menginginkan pertumbuhan rambut lebih cepat. Untuk itu mereka selalu melakukan banyak cara. Beberapa orang mungkin tidak tahu kalau minyak jojoba dapat memicu pertumbuhan rambut lebih cepat. Kandungan minyak yang terdapat dalam jojoba oil dapat membersihkan folikel-folikel rambut dari kotoran rambut yang menyumbat dan ini dapat mengurangi rambut rontok dan memicu pertumbuhan rambut lebih sehat. Selain itu, salah satu manfaat jojoba oil bagi rambut juga adalah membuat rambut terhindar dari rontok dan mencegah rambut bercabang.

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*