5 Keuntungan Memakai Harddisk SSD

5 Keuntungan Memakai Harddisk SSD

Ada banyak keuntungan memakai harddisk SSD yang dapat didapatkan. Mungkin harddisk jenis SSD masih belum begitu dikenal oleh banyak orang. Secara singkat, SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive yang merupakan teknologi penyimpanan terbaru untuk komputer. Fungsi SSD pada dasarnya sama dengan harddisk komputer biasa. Bentuknyapun juga sama yaitu berbentuk kotak dengan ukuran 2.5”.

Perbedaan antara SSD dengan harddisk komputer biasa adalah struktur penyimpanan datanya. Pada harddisk biasa, digunakan piringan atau cakram untuk menyimpan data maupun membaca data. Pada harddisk SSD, yang digunakan untuk menyimpan dan membaca data adalah sejenis microchip. Nah, apa saja keuntungan memakai harddisk SSD? Berikut informasi selengkapnya.

Harddisk SSD Lebih Cepat Membaca Data

Salah satu kelebihan dari penggunaan SSD adalah kemampuannya untuk membaca data dengan lebih cepat jika dibandingkan dengan harddisk biasa. Hal ini dipengaruhi oleh penggunaan chip yang lebih ringan dan membuat kinerja SSD lebih cepat Jika menggunakan harddisk biasa, kira-kira dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk melakukan proses booting. Dengan SSD, proses booting dapat dilakukan dalam waktu 1 hingga 2 menit saja. Inilah mengapa harddisk SSD sangat berguna bagi pengguna komputer yang membutuhkan kecepatan membaca dan mengolah data.

Tidak Berisik

Saat menggunakan harddisk biasa pada komputer, maka kadang akan terdengar suara berisik yang mengganggu. Gesekan cakram pada harddisk biasalah yang menimbulkan suara ini. Meski bagi sebagian orang tak masalah, bagi mereka yang butuh ketenangan saat bekerja dengan komputer, suara berisik ini dapat sangat merusak konsentrasi. Timbulnya suara berisik pada harddisk tidak akan ditemui pada penggunaan SSD. Hal ini dikarenakan harddisk SSD tidak menggunakan cakram melainkan microchip, sehingga tidak akan menimbulkan gesekan antar cakaram yang berakibat adanya bunyi yang mengganggu.

Proses Transfer Data Lebih Cepat

Harddisk SSD memiliki kecepatan membaca data yang lebih cepat. Hal ini berpengaruh pada proses transfer data juga. Saat ingin melakukan proses transfer data dari SSD ke penyimpanan lainnya, proses transfer data akan berjalan dengan lebih cepat. Kecepatannya akan jauh berbeda dibandingkan dengan proses transfer data dari harddisk biasa. Selain hemat waktu, tentunya penggunaan harddisk SSD juga lebih efisien.

Lebih Hemat Daya

Penggunaan SSD dapat menghemat penggunaan daya atau listrik pada komputer. Meski tak begitu signifikan, yaitu sekitar 10% lebih rendah saja, pengurangan penggunaan daya listrik jika memakai harddisk SSD ini tentu saja tetap akan memberikan keuntungan dalam menghemat budget penggunaan listrik.

Lebih Tahan Goncangan

SSD terbukti lebih tahan terhadap guncangan jika dibandingkan dengan harddisk biasa. Berbeda dengan harddisk biasa tipe HDD yang masih mengandalkan disc atau cakaram di dalamnya, SSD sudah menggunakan microchip. Disc atau cakram yang ada dalam harddisk biasa itu sebenarnya jauh lebih sensitif terhadap guncangan karena cakram terus berputar dan ada banyak komponen di dalamnya. Berbeda dengan SSD yang microchipnya tidak membuat gerakan apapun di dalamnya. Tentunya hal ini menjadikan harddisk SSD lebih tahan guncangan sehingga tidak mudah eror atau rusak.

Nah, demikianlah informasi tentang keuntungan memakai harddisk SSD. Jika Anda berminat beralih ke harddisk jenis ini, cari tahu dulu review tentang berbagai merek dan tipe harddisk SSD yang dijual di Indonesia. Review akurat dan terpercaya hanya bisa Anda dapatkan di beli.com, situs review nomor satu di Indonesia.

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*