Kegunaan Fungsi dan Berbagai Pilihan RAM 4GB DDR3 di Laptop

Kegunaan Fungsi dan Berbagai Pilihan RAM 4GB DDR3 di Laptop

Memilih laptop dengan spesifikasi terbaik kerap dijadikan pertimbangan supaya selain menjadi media kerja juga efektif menjadi media hiburan. Laptop dengan spesifikasi yang menarik biasanya akan mendukung kegiatan bermain game, menonton film dengan format HD, dan lain sebagainya. Meski untuk menikmati laptop dengan spesifikasi kelas kakap perlu merogoh kocek lebih dalam. Sepertinya pertimbangan harga bagi sebagian besar orang bukanlah kendala, yang terpenting adalah performa.

Kapasitas RAM Laptop 4GB

RAMĀ 4gb ddr3 – Salah satu upaya untuk mendapatkan laptop yang mendukung untuk semua kegiatan ialah dengan mengintip ukuran RAM yang terbenam di dalamnya. Ukuran RAM akan mempengaruhi seberapa kuat dan berkualitas performa processor dan proses menjalankan perintah. RAM yang terlalu kecil kerap dirundung masalah laptop yang mudah lemot, dan minim kemampuan menyimpan beberapa program dengan ukuran yang lapang. Selain itu juga memberikan pengaruh pada saat menonton film yang tidak bisa dilihat secara jelas.

Fungsi Utama RAM pada Laptop

RAM merupakan kependekan dari Random Acces Memory yang dapat diartikan sebagai memori internal sementara dalam sebuah laptop. Istilah RAM sendiri sebenarnya digunakan pula pada perangkat lain, dan Kita bisa menjumpainya pada komputer atau PC, handphone, kamera digital, dan lain sebagainya. RAM memiliki peranan penting dalam memproses informasi yang diberikan oleh pengguna atau user sehingga komputer atau laptop segera menunjukkan respon. Kecepatan olah informasi pada sistem laptop sampai saat ini berkembang dengan sangat pesat.

Laptop dan komputer di zaman sekarang bahkan sudah menggunakan RAM berjenis DDR 3 dengan kapasitas yang semakin bervariasi. Jika laptop buatan zaman dulu seringnya dibuat dengan RAM antara 1 sampai 2GB, maka sekarang bisa mencapai 128GB. RAM yang besar memang sangat membantu untuk kegiatan bersama komputer atau laptop tertentu. Sehingga bagi Anda yang masih dalam proses awal berbelanja laptop, pastikan dahulu perangkat tersebut akan digunakan untuk apa. Apabila berhubungan dengan grafis, misal gaming atau desain grafis seperti animator, dan lain-lain.

Mempertimbangkan RAM dengan kapasitas besar bisa dijadikan opsional, apabila tidak berhubungan dengan kegiatan tersebut. Akan jauh lebih bijak untuk memilih RAM berkapasitas terbatas saja, sehingga tidak sia-sia. Apalagi untuk RAM kapasitas tinggi akan mempengaruhi harganya, yang tentu saja akan semakin menjulang. Supaya lebih paham tentang RAM pada laptop, Kita kenali dulu fungsi dasarnya:

  • Sebagai media penyimpanan sementara untuk aplikasi yang dijalankan sebelumnya, sehingga bisa diteruskan kembali di hari berikutnya.
  • Mendukung kegiatan multitasking, sehingga laptop mampu membuka banyak aplikasi sekaligus untuk kemudahan kerja.
  • Proses informasi semakin cepat sehingga tidak ada kendala laptop lemot, dan sebagainya.

Beberapa Pilihan RAM Laptop 4GB DDR3

Jenis RAM juga mempengaruhi kinerja dan kualitas kerja sebuah laptop, pastikan untuk kebutuhan kerja grafis yang tinggi memilih jenis DDR 3. Berikut beberapa jenis laptop yang menggunakan RAM jenis tersebut:

  • Asus Vivobook S200E Touchscreen, layar berukuran 11.6 inchi Wide LED dengan OS Windows 8 yang didukung layar sentuh yang atraktif harga di kisaran Rp 4.4 jutaan.
  • Lenovo Ideapad S210T Touchscreen, menggunakan processor intel pentium dan layar berdimensi 11 inchi dan didukung oleh OS Windows 8, harga pada kisaran Rp 4.6 jutaan.
  • Samsung NP270E4V-K051D, laptop berukuran 14 inchi dengan layar Wide LED besutan Samsung ini mampu bekerja optimal dengan processor intel celeron dual core, seharga Rp 4.3 jutaan.
Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*