Sepeda

Mengasyikkan sekali jika bisa menghabiskan waktu di akhir pekan dengan bersepeda, entah itu bersama sahabat atau keluarga. Sudah pasti menyenangkan sekaligus menyehatkan. Selain berfungsi sebagai alat rekreasi, kendaraan beroda dua atau tiga yang mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh untuk menjalankannya ini juga dikenal sebagai salah satu moda transportasi yang ramah lingkungan. Sepeda tidak butuh bahan bakar bensin, cukup dikayuh saja.

Sejarah Terciptanya

Kendaraan ini diperkirakan berasal dari tanah Perancis. Bahkan kabarnya, sepeda atau velocipede sudah digunakan sebagai moda transportasi sejak awal abad ke-18. Kala itu, kendaraan ini belumlah menggunakan rangka besi seperti sekarang. Sumber lain juga menyebutkan bahwa pada masa itu kendaraan ini tidak memiliki pedal untuk dikayuh sehingga sekilas bentuknya jadi mirip dengan kereta kuda. Model kendaraan ini barulah disempurnakan pada tahun 1839 oleh seorang pandai besi kelahiran Skotlandia bernama Kirkpatrick MacMillan. Di tangan MacMillan inilah baru tercipta pedal untuk mengayuh kendaraan ini.

Seiring berjalannya waktu, sepeda pun lalu dibuat dengan rangka baja, dirakit dengan teknik penyambungan besi yang baik, serta dilengkapi dengan ban karet. Namun, hal tersebut belum didukung oleh elemen pengaman yang baik, seperti suspensi (per dan sebagainya). Karena itulah, sepeda beroda tiga yang mirip sepeda anak dianggap lebih aman sehingga model ini sempat menjadi amat popular pada era 1880-an. Setelah dilengkapi suspensi, rem, gigi yang bisa diganti, rantai, dan setang yang lebih fleksibel, barulah tipe roda dua kembali mendapatkan popularitasnya.

Jenis-Jenis Sepeda

Sepeda yang beredar di pasaran mempunyai model yang variatif, sesuai dengan fungsi dan ukurannya masing-masing. Jenisnya biasanya diberi nama sesuai dengan fungsi atau medan yang dilaluinya, misalnya yang diguganakan untuk balap, model BMX, jenis yang dapat dilipat, sepeda gunung, dan masih banyak lagi.

Harga

Berbanding lurus dengan keragamannya, harga sepeda juga bisa dibilang sangat variatif. Harga sepeda murah berada di angka Rp500 ribu. Jika membelinya dalam kondisi bekas, harganya tentu bisa lebih murah lagi. Namun, semakin unik model ataupun fungsinya, harga yang ditawarkan tentu akan semakin mahal, bisa mencapai jutaan rupiah.

Meski harganya cukup murah, dewasa ini, kehadiran kendaraan tanpa mesin ini mulai tersingkirkan oleh mobil dan motor. Kebanyakan orang berpaling dari benda ini atas pertimbangan waktu tempuh dan tenaga yang harus dikeluarkan. Namun, modal transportasi yang sederhana ini tetap punya peminatnya sendiri. Sudah bukan rahasia lagi jika penggemarnya tergolong fanatik. Mereka bahkan membentuk komunitas-komunitas kecil yang solid dan kuat.

Apakah Anda merupakan salah seorang penggemar atau bahkan anggota komunitas pengguna kendaraan ini? Jika iya, Anda bisa membaca ulasan produknya di Beli.com. Tak hanya review biasa, Anda pun akan mendapatkan informasi berupa spesifikasi dan harga kendaraan ini. Sebab, Beli.com memang situs penyedia review terlengkap, update, dan akurat!