Kamar Mandi

Membuat kamar mandi senyaman mungkin adalah kewajiban dari pemilik rumah. Ruangan ini perlu dibuat senyaman mungkin dan juga sebersih mungkin karena ruangan ini digunakan setiap hari. Jika dibiarkan tak terawat dan kotor, orang tidak akan nyaman berada di dalamnya untuk membersihkan diri. Karenanya, ruangan ini perlu diberi perlengkapan yang lengkap dan ditata dengan rapi agar nyaman digunakan. Berikut adalah info lebih lengkap tentang perlengkapan kamar mandi yang harus ada di dalam ruangan ini.

Peralatan dalam Kamar Mandi Sederhana

Dalam kamar mandi yang sederhana dan minimalis, tidak perlu ada perlengkapan yang macam-macam di dalamnya. Cukup perlengkapan yang esensial saja seperti toilet jongkok, bak mandi, dan kran air. Untuk peralatan tambahan lainnya, biasanya gantungan baju, tempat sabun, dan tempat sikat gigi juga disediakan. Biasanya jenis ruangan mandi sederhana dipilih karena luas ruangan yang terbatas. Karena tidak ada sisa tempat lagi, maka hanya perlengkapan yang esensial saja yang dimasukkan ke dalamnya. Namun, perlengkapan-perlengkapan tadi saja sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan mandi dan buang air setiap hari. Hal yang terpenting adalah membersihkan ruangan ini setiap hari agar lantainya tak licin berlumut dan nyaman digunakan. Selain itu, gunakan kapur barus atau pewangi ruangan khusus agar kamar bebas dari bau tak sedap.

Perlengkapan dalam Kamar Mandi Modern

Dalam ruangan mandi yang lebih modern dan lebih luas, biasanya perlengkapannya pun akan lebih lengkap. Selain perlengkapan wajib seperti yang disebutkan di atas, biasanya akan ada pula tambahan shower dan bathup dalam kamar mandi modern. Bahkan jika ruangannya cukup luas, disediakan area shower tersendiri yang biasanya terbuat dari kaca. Jadi, ketika kran shower diputar dan air mengalir, area yang basah hanya area shower saja sedangkan bagian lainnya tetap kering. Selain keduanya, ada pula wastafel. Wastafel biasanya digunakan untuk mencuci tangan dan menggosok gigi. Toilet di ruangan mandi modern pun sudah toilet duduk yang lebih modern dan dilengkapi dengan berbagai fitur. Untuk pelengkapnya, biasanya interior kamar mandi modern akan dilengkapi dengan wallpaper anti air, lampu dinding (wall sconces), dan juga gantungan pakaian di balik pintu kamar mandi. Selain itu, pastilah ada shower curtain yang akan menutupi bagian bathup. Pemilihan warna dan pola shower curtain bisa disesuaikan dengan tema dan warna ruangan.

Membeli perlengkapan untuk ruangan mandi bukan hanya dilakukan saat renovasi saja. Jika suasana kamar mandi sudah butuh diperbaharui, segera lakukan redekorasi dengan mengganti beberapa elemen di dalamnya. Untuk membeli produk perlengkapan kamar mandi yang terbaik, cek dulu beli.com dan baca review tentang berbagai produknya di sana.