Alat Masak

Memasak di dapur merupakan hobi yang menyenangkan bagi sebagian orang. Selain bisa berkreasi dengan berbagai bahan makanan untuk menghasilkan masakan yang lezat, memasak juga bisa digunakan untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitas. Karenanya, memilki alat masak yang memadai adalah kewajiban bagi orang-orang yang memiliki hobi memasak. Apa saja kira-kira peralatan untuk memasak yang harus ada di dapur? Berikut informasinya untuk Anda.

Peralatan Masak Pokok

Peralatan masak pokok yang harus ada di dapur antara lain adalah, panci, spatula, ceret, penggorengan, pisau, telenan, dan dandang. Alat-alat masak ini wajib dimiliki karena merupakan alat yang selalu digunakan untuk memasak makanan sehari-hari. Akan sangat merepotkan jika di dapur tidak ada alat-alat masak seperti yang telah disebutkan tadi karena mereka merupakan alat pokok untuk menyiapkan makanan yang digunakan setiap hari tanpa terkecuali. Selain semua alat masak tadi, kompor juga sebenarnya termasuk dalam kategori perlatan masak pokok. Peran kompor akan sangat krusial untuk memasak masakan. Tanpa kompor, mematangkan bahan mentah tidak akan mudah. Jenis kompor yang populer di Indonesia adalah kompor gas. Meski demikian, penggunaan kompor minyak masih banyak ditemukan di Indonesia. Bahkan, di area yang lebih pelosok, peran kompor masih belum kelihatan karena kebanyakan masyarakatnya masih menggunakan tungku dan kayu bakar.

Peralatan Masak Modern

Selain peralatan masak yang utama, alat-alat masak yang sudah modern tentunya juga dibutuhkan di dapur untuk mendukung proses memasak. Meski sudah ada lama di Indonesia, namun alat seperti penggorengan anti lengket atau teflon masih sering disebut sebagai alat masak modern yang kehadirannya di dapur sangat membantu. Bahkan sekarang teflon sudah banyak yang dilengkapi dengan permukaan yang bergaris-garis untuk memberikan garis panggangan (grill mark) pada daging yang dipanggang pada teflon. Teflon dari perangkat alat masak Maxim contohnya. Teflon merek ini sudah dilengkapi dengan permukaan bergaris dan ukuran teflonnya pun bervariasi. Selain telfon, masih banyak lagi peralatan masak dengan teknologi canggih yang sudah banyak ditemui di dapur seperti rice cooker untuk menanak nasi, juicer untuk mengambil sari buah, food processor untuk mencampur makanan, slow cooker untuk memasak makanan dengan suhu rendah, kompor listrik yang dapat digunakan tanpa gas dan lebih fleksibel untuk dibawa ke mana-mana, dan juga hand blender yang bisa digunakan untuk mencampur masakan langsung pada panci.

Bagaimana dengan dapur Anda? Apakah dapur Anda sudah dilengkapi dengan koleksi peralatan masak yang lengkap? Jika belum, lengkapi alat-alat masak di dapur Anda dengan berbagai alat-alat masak unik yang tersedia di pasaran. Sebelum membeli, cek dulu situs beli.com dan dapatkan review terbaik tentang berbagai produk alat-alat masak di sana. Situs beli.com adalah sumber referensi terbaik sebelum Anda membeli produk apapun.