Gitar

Gitar atau dalam bahasa Inggris, guitar, merupakan salah satu jenis alat musik yang popular di dunia. Dimainkan dengan cara dipetik, kehadiran alat musik yang satu ini sangatlah berjasa dalam penciptaan lagu. Beberapa musisi dunia yang terkenal dengan gitar sebagai senjata utamanya antara lain Jimi Hendrix, Joe Satriani, Kurt Cobain, Jimmy Page, dan lain-lain.

Bagian-Bagian Gitar

Alat musik ini terdiri kepala, leher, dan badan. Pada bagian kepalanya, terdapat mesin penala dawai. Di bagian ini terdapat enam buah pasak, tempat diikatnya enam utas dawai yang ada pada gitar. Sedangkan yang dimaksud dengan bagian leher adalah bagian penghubung antara kepala dan badan. Bagian leher ini merupakan papan jari yang memiliki 19 pembatas dari logam yang dikenal dengan sebutan fret. Fungsinya adalah untuk memproduksi ketinggian nada dengan tingkat yang berbeda, dengan cara menempatkan jari-jari pada ruang-ruang di antara logam-logam fret.

Sementara itu, bagian badan dari alat musik ini berfungsi sebagai tabung resonator untuk memperbesar bunyi yang dihasilkan oleh getaran dawai. Papan muka pada badan gitar memiliki lubang suara yang berfungsi untuk mengeluarkan bunyi yang diproduksi petikan dawai. Biasanya papan muka ini terbuat dari bahan kayu yang lebih tipis dibandingkan dengan papan belakang dan samping.

Cara Kerja Gitar

Bagaimana alat musik ini dapat menghasilkan bunyi yang indah? Pada dasarnya bunyi yang dihasilkan ini berasal dari getaran dawai-dawai yang terentang di batang penyanggah dawainya dan ditransmisikan melalui gelombang tekanan. Sebuah dawai yang dengan ketegangan yang lebih tinggi akan bergetar lebih cepat. Sementara itu, dawai yang lebih tebal atau lebih panjang akan bergetar lebih lambat. Kenyaringan suara biasanya akan menyesuaikan dengan amplitudo gelombang tekanan. Jadi, semakin tinggi tekanan, semakin keras suara yang dihasilkan. Oleh karena itu, untuk mendapatkan suara lebih keras, biasanya seorang gitaris akan memetik dawai dengan lebih banyak energi.

Jenis Gitar

Secara umum, alat musik ini terbagi menjadi dua jenis, jenis akustik dan elektrik. Yang membedakan keduanya adalah suara yang dihasilkan. Jika jenis yang akustik memiliki lubang pada badannya (hollow body) dan menghasilkan suara yang relatif keras, maka jenis yang elektrik menghasilkan suara yang relatif lemah dan memang dirancang memerlukan penguatan secara elektrik. Maka dari itu,  jenis yang ini disebut pula dengan gitar listrik.

Harga gitar yang beredar di pasar cukup variatif. Biasanya merek satu dan merek lain menawarkan harga dan keunikan yang berbeda-beda. Beberapa merek alat musik jenis ini yang popular di Indonesia di antaranya Yamaha, Gibson, Ibanez, dan sebagainya. Saking variatifnya, seseorang yang ingin belajar memainkan alat musik ini kebingungan untuk membeli yang mana. Oleh karena itu, ada baiknya untuk membaca ulasannya di Beli.com. Hanya Beli.com yang dapat memenuhi kebutuhan review produk yang lengkap dan akurat!