Bass

Gitar bass (bass guitar) atau biasa disebut dengan bass elektrik atau bass saja merupakan jenis gitar yang menggunakan listrik untuk memperbesar suaranya. Dalam sebuah lagu, alat musik ini boleh dibilang merupakan pemandu ritme bagi alat musik gitar atau keyboard/piano. Alat musik ini juga dibutuhkan sebagai pengiring bagi permainan drum dan akan menutupi kekosongan ketukan yang mungkin terjadi.

Perbedaan Bass dengan Gitar Biasa

Bentuk fisik alat musik ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan gitar listrik. Hanya saja, alat musik ini memiliki tubuh yang lebih besar, leher yang lebih panjang, dan umumnya memiliki empat senar—sementara gitar biasa memiliki enam utas senar.

Ciri lain dari alat musik ini adalah bobotnya yang lebih berat jika dibandingkan dengan gitar listrik biasa. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh jenis senarnya yang lebih tebal. Penggunaan senar yang lebih tebal ini bertujuan untuk menjaga kerendahan nada atau bunyi. Selain itu, bobotnya terasa lebih berat karena jenis kayu yang digunakan biasanya lebih padat dan keras yang dimaksudkan untuk menyeimbangi tekanan pada leher gitar. Selain itu, ukuran fret atau kolom pada alat musik ini biasanya juga lebih besar ketimbang gitar biasa. Hal ini tentu disesuaikan dengan panjang senar atau scale.

Sementara itu, alat musik ini dan gitar biasa sebenarnya mempunyai chord atau kunci yang sama, yaitu chord A, B, C, D, E, F, G dan Minornya Am, Bm, Dm, Em, Fm, dan Gm. Yang membedakan keduanya hanyalah not pentatoniknya saja. Akan tetapi, jika hanya digunakan sebagai pengiring, hanya hafal 7 chord inti pun tak masalah karena posisi minor dan mayor di alat musik ini sama.

Jenis Bass

Ada banyak jenis alat musik ini yang biasa dipakai dan beredar di pasaran. Yang paling banyak dipakai adalah bass listrik yang biasa digunakan pada semua jenis pertunjukan terutama band, contrabass atau disebut jug dengan double bass, dan celloatau bass yang biasa digunakan untuk pertunjukan opera). Ada pula yang disebut dengan fretless, yaitu jenis bass listrik yang tidak mempunyai fret/kolom/pembatas. Prinsip kerjanya juga mirip dengan contra/cello, hanya saja bentuknya berupa gitar listrik.

Jenis alat musik ini juga bisa dibagi berdasarkan jumlah senarnya, yakni empat senar, lima senar, bahkan enam senar. Akan tetapi,  enam senar lebih jarang dipakai daripada yang bersenar empat dan lima. Bass dengan enam senar biasanya dipakai oleh pemain musik beraliran jazz. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan pemain beraliran rock pun ada juga yang memakainya. Apalagi, jangkauan nada alat musik ini dengan enam senar lebih luas sehingga lead suara yang dihasilkan pun bisa lebih variatif.

Harga alat musik ini yang beredar di pasar boleh dikatakan amat variatif, tergantung keunikan dan mereknya. Beberapa merek alat musik ini yang popular di Indonesia antara lain, Yamaha, Ibanez, Cort, dan sebagainya. Supaya tidak dilanda kebingungan saat akan membeli alat musik ini, sebaiknya bacalah ulasannya terlebih dulu di Beli.com. Hanya Beli.com, situs yang dapat memenuhi kebutuhan review produk yang lengkap dan akurat di Indonesia.