Belum ada Produk Terdaftar untuk Kategori Alat Musik Tradisional

Alat Musik Tradisional

Indonesia mempunyai berbagai macam alat musik tradisional dari masing-masing provinsi. Jenis alat musik ini telah menjadi ciri khas di Indonesia. Walaupun sekarang ini Industri musik di Indonesia semakin berkembang, tapi alat musik Indonesia masih harus dilestarikan.

Penggunaan Alat Musik Tradisional Saat Ini

Untuk melestarikan kebudayaan daerah, tentunya alat musik tradisional masih sering digunakan. Contohnya, di Aceh masih ada beberapa alat musik tradisional Aceh seperti, Rapai, Geundrang, Canang yang dilibatkan dalam berbagai macam upacara adat maupun keagamaan. Sama halnya dengan yang terjadi di wilayah Jawa Timur. Terompet Reog sebagai salah satu alat musik tradisional Jawa Timur juga masih digunakan hingga hari ini untuk mengiringi persembahan tarian Reog Ponorogo. Alhasil, Terompet Reog pun masih dapat ditemukan dengan mudah di kawasan Jawa Timur. Di Sumatera Utara lain lagi. Alat musik tradisional Sumatera Utara seperti Ole-Ole bahkan tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat Sumatera Utara, khususnya suku Batak. Lantunan nada dari alat musik tiup ini selalu ada dalam setiap upacara keagamaan dan upacara kedaeraan di Sumatera Utara.

Alat Musik Tradisional yang Go Internasional

Banyak alat musik dari Indonesia yang sudah Berjaya di mancanegara. Orang-orang dari luar negeri sangat tertarik dengan ragam kebudayaan Indonesia termasuk alat musik tradisionalnya. Alhasil, mereka banyak mengoleksi instrument musikal dari banyak daerah di Indonesia. Yang paling terkenal jelaslah Gamelan. Alat musik tradisional dari Jawa Tengah dan Yogyakarta ini dikenal memiliki nilai jual mahal di luar negeri. Seperangkat Gamelan yang di antaranya berisi Kendhang, Saron, Demung, Bonang, Gender, dan Gong ini bisa mencapai miliaran rupiah, apalagi jika terbuat dari emas asli. Banyak kampus-kampus di luar negeri yang berusaha mati-matian untuk memboyong seperangkat Gamelan ke institusinya untuk kemudian dipelajari. Cukup ironis karena di negeri asalnya, Gamelan justru sudah kalah popularitasnya dengan alat musik modern. Selain Gamelan, tentu ada Angklung yang sudah mendunia sejak dulu. Alat musik tradisional Jawa Barat ini mempunyai suara khas yang unik. Angklung sudah terkenal di berbagai negara di Asia bahkan dunia. Popularitas Angklung kini mulai naik lagi setelah alat musik ini sering digunakan dalam berbagai pertunjukan show di tanah air. Alat musik tradisional Bali juga tak kalah terkenalnya di luar negeri. Instrumen seperti Rindik dan Ceng-Ceng yang digunakan untuk mengiringi tarian tradisional Bali punya nama besar di luar negeri dan sering digunakan dalam pertunjukan berskala internasional.

Jika Anda tertarik untuk memiliki alat musik dari berbagai daerah di Indonesia, coba baca dulu review instrument musik tersebut di Beli.com. Ada banyak alat musik yang dijual dan Anda hanya akan mendapat yang terbaik setelah membaca review di Beli.com.