Motor Matik

Motor matik hari ini menjadi jenis sepeda motor paling populer di Indonesia. Motor jenis ini tidak menggunakan gigi apalagi kopling untuk dapat dikendarai. Selain itu, motor jenis ini juga lebih ringan dibandingkan dengan motor bebek. Motor jenis ini juga irit bahan bakar. Alhasil, banyak produsen motor besar seperti Yamaha, Honda, dan Suzuki yang berlomba-lomba membuat produk motor matik terbaik setiap tahunnya. Berikut adalah informasi lebih lanjut tentang motor matik.

Motor Matik Pertama di Indonesia

Banyak orang yang menduga bahwa motor berjenis matik pertama di Indonesia adalah Yamaha Nouvo. Ternyata, motor keluaran tahun 2002 ini bukanlah motor berjenis matik pertama di Indonesia. Pelopor motor dengan model matik di Indonesia justru adalah Vespa PK 125. Merk Vespa memang merk internasional. Tak heran jika kepopulerannya sampai di Indonesia. Vespa PK 125 atau Vespa Corsa populer di Indonesia sejak tahun 1991. Skuter matik asal Italia ini dilengkapi dengan bodi yang ramping dan mesin yang cukup mumpuni. Seiring berjalannya waktu, mulai muncul produk skuter matik dari produsen motor Jepang dan Vespa Corsa mulai kehilangan kepopulerannya. Alhasil, motor ini dihentikan produksinya pada 2006.

Mio, Vario, dan Beat

Jika menyebut kata motor matik, tentu nama Mio, Vario, dan Beat tidak dapat lepas. Ketiga merk inilah yang diklaim sebagai merk motor berjenis matik yang paling populer di Indonesia. Mio merupakan produk Yamaha sedangkan Vario dan Beat merupakan milik Honda.

Mio adalah salah satu motor matik murah pertama di Indonesia. Diperkenalkan perdana di tahun 2003, Mio langsung merajai pasaran. Saat itu, Mio banyak diborong oleh kaum wanita karena memang bodinya lebih ringan dan nyaman dikendarai. Mio sudah berevolusi beberapa kali dan menghadirkan varian motor jenis matik yang beragam seperti Mio Soul dan Mio Fino. Teknologi canggih seperti teknologi injeksi dan blue core technology yang membuat Mio diklaim sebagai motor matik tercepat juga sudah ada di motor-motor Mio. Jumlah penjualan motor Mio di Indonesia sejak 2003 hingga 2016 menyentuh lebih dari 12 juta unit!

Vario dan Beat merupakan motor jenis matik kebanggan dari Honda. Vario mulai dijual tahun 2006 sedangkan Beat dijual mulai tahun 2008. Vario sering diklaim sebagai motor matik terbaik di Indonesia karena desainnya yang bagus dan performa mesinnya yang luar biasa. Namun, kepopuleran Vario hari ini mulai tergerser sang adik. Honda Beat dengan desain yang lebih ramping dan harga yang lebih terjangkau membuat Beat menjadi motor jenis matik paling populer di Indonesia hari ini. Selain itu, Beat juga merupakan motor matik paling irit menurut masyarakat.

Tertarik untuk membeli skuter matik? Coba baca review merk skuter matik yang populer di Indonesia hanya di Beli.com. Di sini Anda bisa menemukan review akurat tentang skuter matik dan kendaraan lainnya.