Motor Bebek

Motor bebek adalah jenis motor yang banyak dipakai di Indonesia. Motor jenis ini desainnya cenderung pendek dan dioperasikan dengan menggunakan sistem oper gigi. Motor jenis ini tidak hanya populer di Indonesia tapi juga hampir di seluruh dunia. Tapi memang popularitas motor dengan model bebek yang tertinggi ada di bagian Asia Tenggara, termasuk Indonesia tentunya.

Motor bebek selalu mendominasi segmen pasar motor murah. Selain harganya terjangkau, motor jenis ini juga cocok digunakan baik pria maupun wanita. Ingin mengetahui info lebih lanjut tentang motor sejuta umat ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Asal-Usul Nama Motor Bebek

Motor jenis ini di Indonesia dikenal dengan nama hewan bebek. Sekilas memang karena bentuk sepeda motor ini menyerupai lekuk tubuh hewan bebek. Tapi, bukan berarti di seluruh dunia nama motor jenis ini ada "bebeknya". Di negara-negara barat, motor jenis ini dikenal dengan nama "underbone" karena memang kerangka motornya dilengkapi dengan pipa berdiameter besar. Di Malaysia dan Singapura, motor jenis ini dikenal dengan nama kapchai. Kata kapchai ini berasal dari kombinasi kata "Cub" yang diambil dari Honda Cub dan kata "jai" yang dalam bahasa Kanton artinya kecil. Jadi cub jai artinya adalah motor Honda kecil. Lama-kelamaan motor ini disebut dengan motor kapchai sesuai dengan pengucapan masyarakat Melayu-Tiongkok.

Pasar Terbesar Motor Bebek

Saat ini, produsen terbesar motor jenis bebek adalah produsen-produsen Jepang seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki. Ketiga perusahaan raksasa itu mengincar pasar Asia Tenggara sebagai target utamanya. Negara-negera di Asia Tenggara memang lebih memilih motor sebagai alat transportasi. Tak heran jika ketiganya berlomba-lomba meluncurkan motor bebek terbaru dari tahun ke tahun ke pasar Indonesia, Tiongkok, dan Thailand.

Persaingan Yamaha, Honda, dan Suzuki di Indonesia

Ketiga raksasa pembuat motor asal Jepang ini memang bersaing ketat di Indonesia. Honda sedikit unggul karena merk ini sudah masuk Indonesia sejak dulu, meski kemudian Yamaha dan Suzuki juga tak lama menyusul. Honda juga diklaim selalu memberikan produk motor bebek paling irit dari tahun ke tahun lewat produk seperti Honda Supra dan Astrea. Yamaha lebih sering memperhatikan estetika dan ketangguhan mesin. Baru-baru ini, Jupiter MX 150 keluaran Yamaha diklaim sebagai motor bebek tercepat yang ada di Indonesia. Suzuki memiliki produk unggulan seperti Shogun yang juga meramaikan pesaingan penjualan motor di Indonesia.

Nah, sudah tahu kan sedikit banyak tentang motor jenis bebek? Tertarik untuk membelinya? Coba dulu baca review berbagai produk sepeda motor jenis bebek hanya di Beli.com. Ada banyak merk sepeda motor baik bebek, matik, dan lainnya yang bisa dibaca reviewnya di situs ini.