Motor

Motor adalah salah satu jenis kendaraan yang paling populer di Indonesia. Jika menilik kondisi jalanan di Indonesia, maka jenis kendaraan yang paling dominan adalah sepeda motor, bukannya mobil seperti di negara-negara barat. Ya, kendaraan roda dua ini memang lebih diminati di Indonesia karena memang lebih praktis dan harganya juga murah. Inilah mengapa produsen-produsen kendaraan, terutama dari Jepang, menjadikan Indonesia sebagai target pasar mereka. Ingin mengetahui lebih banyak tentang kendaraan beroda dua ini? Simak penjelasan di bawah ini.

Jenis yang Paling Populer di Indonesia

Ada tiga jenis motor yang populer di Indonesia. Jenis yang pertama adalah jenis bebek. Kendaraan ini desainnya cenderung pendek dan dioperasikan dengan menggunakan sistem oper gigi. Kendaraan ini disebut “motor bebek” karena bentuknya menyerupai lekuk tubuh hewan bebek. Kendaraan jenis bebek selalu mendominasi segmen pasar murah. Selain harganya terjangkau, kendaraan ini juga cocok digunakan baik pria maupun wanita. Produsen-produsen terkenal seperti Yamaha, Honda, dan Suzuki sering kali meluncurkan motor terbaru berjenis bebek ke pasaran karena memang jenis ini masih tinggi peminatnya. Hari ini, kendaraan jenis bebek yang laris di Indonesia antara lain adalah seri dari Honda Supra dan Yahama Jupiter.

Jenis yang kedua adalah motor matic atau biasa disebut dengan skuter matic. Skuter matic tidak menggunakan gigi apalagi kopling untuk dapat dikendarai. Selain itu, skuter matic juga lebih ringan dibandingkan dengan jenis yang bebek. Skuter matic juga irit bahan bakar sehingga lebih nyaman di dompet. Harga motor matic juga lebih murah. Seri skuter matic paling populer di Indonesia adalah seri Yamaha Mio, Honda Vario, dan Honda Beat.

Jenis yang ketiga adalah jenis motor sport touring. Banyak masyarakat yang menyebut kendaraan ini dengan sebutan “motor cowok” karena memang desainnya yang sangat sporty dan gagah dengan rangka yang tinggi dan dengan tangka bensin di bagian depan. Pengendara kendaraan yang macho ini memang biasanya adalah para kaum Adam. Kendaraan ini adalah gabungan antara jenis kendaraan sport dan jenis kendaraan touring. Untuk seri kendaraan ini yang populer di Indonesia adalah Honda Mega Pro dan Tiger.

Harga

Dalam banyak daftar harga motor di Indonesia, segmen paling murah mungkin ada di bagian skuter matic. Namun, tak sedikit pula jenis bebek yang harganya masih di bawah skuter matic. Untuk jenis yang bebek, harga rata-rata untuk berbagai merek ada di sekitar Rp. 14.000.000 hingga Rp. 16.000.000. Untuk skuter matic, harganya berkisar antara Rp. 13.000.000 hingga Rp. 14.000.000. Sedangkan untuk jenis sport touring, harganya biasanya ada di atas Rp. 18.000.000.

Tertarik untuk membeli kendaraan beroda dua ini? Baca dulu review berbagai jenis kendaraan roda dua ini hanya di beli.com, situs review paling terpercaya!