Tripod Kamera

Seorang fotografer tidak selalu dapat mengandalkan tangannya untuk menopang kamera dan mengambil gambar. Kadang tangan bisa tremor dan mengakibatkan gambar yang diambil menjadi tidak fokus sama sekali. Selain itu, daya jangkau tangan tidak seberapa panjang. Karena itulah, dibutuhkan sebuah alat khusus untuk menyangga kamera, entah itu monopod maupun tripod kamera. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang ketiga alat tersebut.

Monopod Kamera

Yang pertama, monopod. Sesuai dengan namanya, alat ini hanya memiliki satu penyangga atau kaki saja. Cara menggunakannya pun cukup mudah, yakni hanya dengan memegang satu gagangnya saja. Monopod seringnya diasosiasikan sama dengan tongkat narsis atau “tongsis” yang umumnya digunakan untuk mengambil foto selfie dengan kamera ponsel atau smartphone. Namun, sebenarnya ada pula monopod yang didesain untuk menyangga DSLR. Monopod DSLR ini terbuat dari bahan kokoh—bukan bahan plastik seperti tongsis biasa—dan sering diandalkan jika sedang membawa kamera dengan lensa tele yang panjang dan berat. Karena bentuknya ringkas dan cepat dirakit, monopod DSLR juga lebih lincah. Harganya pun jauh lebih murah, hanya berkisar pada angka Rp500 ribu.

Tripod kamera

Selain monopod, ada alat lain yang biasa digunakan untuk menopang kamera DSLR, yakni tripod kamera. Bentuknya mirip tiang berkaki tiga. Desain kaki tiga ini disesuaikan dengan bobot kamera yang jauh lebih berat dibandingkan dengan ponsel atau kamera digital biasa. Sebelum digunakan, alat ini harus dirakit dan direnggangkan terlebih dahulu. Agak kurang ringkas memang, tetapi alat penyangga berkaki tiga ini relatif stabil untuk fotografer yang ingin mengambil gambar long exposure dan ingin fotonya tetap tajam.

Saat ini ada banyak tripod kamera DSLR yang beredar di pasaran. Namun, ternyata tidak semua tripod cocok di segala situasi. Bahan, berat, tinggi, dan merek merupakan beberapa faktor yang menentukan apakah tripod tersebut dapat digunakan pada kamera Anda. Dari sekian banyak merek, salah satu yang sering digunakan fotografer adalah tripod Excell. Varian produknya bermacam-macam sehingga tak heran produk ini dapat ditemukan mulai dari harga Rp100 ribuan hingga Rp2 jutaan, tergantung fitur dan spesifikasinya.

Rig

Memiliki alat penyangga pada bagian bawah saja ternyata tak cukup. Seorang fotografer pun harus memiliki rig, sebuah alat yang dibuat agar kamera dapat mengikuti prinsip flexible movement dan selaras dengan operator kamera. Bentuknya mirip rangka tempat kamera yang dilengkapi dengan hand held. Alat ini cocok juga digunakan untuk keperluan merekam video atau membuat film. Kalau sudah pakai alat yang satu ini, dijamin hasil rekaman jadi lebih tahan guncangan dan tetap fokus.

Nah, apakah Anda sedang mencari tripod & rig? Alangkah baiknya untuk membaca review produknya di Beli.com. Di Beli.com, Anda akan mendapatkan gambaran tentang merek, spesifikasi, dan harga dari suatu produk, yang nantinya dapat Anda gunakan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya. Beli.com merupakan situs penyedia review produk terlengkap dan terakurat!