Tali Kamera

Di antara sekian banyak produk aksesori kamera, tali kamera merupakan salah satu benda yang paling diburu oleh mereka yang menyukai dunia fotografi. Tali kamera atau strap kamera ini akan dipasang pada bagian sisi kamera sehingga kamera menjadi mudah ditenteng dan dikalungkan pada leher. Strap ini akan berguna sekali bagi fotografer yang juga hobi traveling dan bepergian ke mana-mana sebab mereka tak perlu takut kameranya jatuh atau tertinggal.

Variasi dan Model Strap Kamera

Umumnya, benda ini akan menjadi bonus saat membeli kamera. Namun, karena merupakan bonus, model strap bawaan biasanya pun standar, berwarna polos dengan tambahan logo brand pada permukaannya. Tetapi jangan khawatir, kini telah banyak dijual strap kamera dengan berbagai macam variasi. Variasi strap kamera bisa dilihat dari bahannya, entah itu kulit, kanvas, dan sejenisnya. Bahan kulit, misalnya, banyak dicari orang sebab tergolong kuat untuk membawa kamera berukuran besar. Ada pula yang mencari strap yang terbuat dari kanvas karena menyukai sifatnya yang kuat sekaligus lentur dalam membawa kamera.

Tak hanya dilihat berdasarkan bahannya, strap kamera yang ditawarkan di pasaran juga memiliki corak dan warna yang beragam. Ada strap dengan motif tribal berwarna cerah ceria dan ada pula yang menjual strap kamera murah ala fotografer National Geographic. Tak jarang pula yang menjual strap kamera custom, yang desainnya bisa ditentukan sendiri. Dengan demikian, seorang fotografer pun tetap dapat terlihat trendi saat mengambil gambar.

Model strap kamera pun cukup beragam, tetapi yang umumnya digunakan dan dicari hanya tiga, yaitu hand strap, neck strap, dan quick strap. Pertama, ada hand strap. Hand strap biasanya berupa tali pendek dan hanya dapat dikalungkan pada satu tangan. Model ini sangat cocok untuk dijadikan strap kamera digital atau kamera saku karena ukurannya yang kecil. Ada pula yang namanya neck strap. Model inilah yang paling banyak dipakai, baik oleh fotografer pemula maupun profesional. Karena tergantung di leher, posisi kamera menjadi selalu di depan tubuh yang otomatis memudahkan pengguna untuk membidik suatu objek. Terakhir, ada pula quick strap. Strap yang satu ini dipakai seperti tas selempang sehingga terasa nyaman untuk full day shoot. Yang membedakan model ini dengan neck strap adalah posisi kameranya yang berada di samping.

Memilih Strap Kamera

Jika ingin membeli aksesori kamera yang satu ini, perhatikan kekuatan bahan dan tali kamera yang digunakan sehingga kamera tidak akan jatuh saat digantungkan. Modelnya pun harus dijadikan pertimbangan tersendiri. Untuk kamera DSLR biasa, neck strap saja sudah cukup kuat untuk menggantungnya. Sementara itu, yang memiliki kamera DSLR dengan ukuran atau lensa yang lebih panjang, bisa menjatuhkan pilihannya pada quick strap yang didesain lebih kokoh dan kuat.

Sebelum memutuskan membeli sesuatu, pastikan untuk menyempatkan diri membaca review produk di Beli.com, sekadar untuk mengetahui detail harga dan spesifikasinya. Beli.com adalah situs penyedia review terlengkap, ter-update, dan terakurat di Indonesia!