Sparepart Kamera

Sama halnya dengan barang elektronik, transportasi, atau gadget lainnya, kamera pun mempunyai komponen atau sparepart penyusunnya. Sparepart kamera ini ada yang dijual bebas dan ada pula yang hanya bisa didapatkan di service center, tergantung kebijakan masing-masing brand. Sparepart yang dijual bebas tentu memudahkan pengguna untuk mengecek dan memperbaiki sendiri kameranya yang rusak. Sedangkan kalau tidak ingin ribet memasang sparepart sendiri, pengguna dapat membawa kameranya yang rusak untuk dicek dan diperbaiki di service center resmi brand pengusungnya, tentunya dengan merogoh kocek yang lebih dalam.

Komponen Kamera yang Rawan Rusak

Ada beberapa komponen atau sparepart kamera yang biasanya paling sering rusak. Komponen-komponen tersebut kadang terlihat kecil dan sepele, tetapi ternyata sangat dibutuhkan. Komponen-komponen tersebut antara lain cover atau badan kamera, LCD, tombol, cover baterai, flexible auto focus pada lensa, cap, dan masih banyak lagi.

Kerusakan yang terjadi pada sparepart kamera biasanya berkaitan erat dengan frekuensi penggunaan serta kesalahan pemakaian. Misalnya saja, kerusakan pada cover dan LCD, biasanya disebabkan oleh ketidak-hati-hatian pengguna saat menyimpan kameranya. Akibatnya, badan kamera dan LCD pun menjadi tergores atau bahkan retak. Atau, misalnya pada kerusakan auto fokus. Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh tingginya frekuensi penggunaan kamera. Akibatnya, saat akan membidik suatu objek, kamera tidak dapatĀ  mengunci gambar meski telah menggunakan mode autofokus (AF). Gambar yang dihasilkan pun akan menjadi blur dan tidak fokus karena rusaknya flexible auto focus.

Panduan Mencari Sparepart Kamera

Seperti yang telah disebelumnya, jika Anda merasa harus mengganti sparepart kamera DSLR, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Pertama, datang ke service center resminya. Di sana, kerusakan kamera akan dianalisis dan sparepartnya akan diganti jika dibutuhkan. Cara ini mungkin tidaklah rumit karena Anda tidak diharuskan memahami sparepart kamera dengan segala fungsinya. Tetapi yang jelas, cara ini lebih banyak memakan waktu dan biaya. Selain ke service center resmi, Anda pun bisa mendatangi layanan service biasa (tidak resmi). Biayanya mungkin akan lebih murah, tetapi ada kemungkinan sparepart yang ditawarkan tidak orisinal dan tidak bergaransi.

Jika Anda lebih tertarik untuk mengganti sendiri sparepart kameranya, Anda dapat menuju ke beberapa tempat service biasa atau berbelanja secara online. Di sana biasanya banyak dijual sparepart kamera. Kalau sebuah brand tidak menjual sparepartnya dengan bebas, Anda bisa membeli sparepart bekas yang kualitasnya masih bagus. Di sini dibutuhkan kejelian dalam memilih sparepart kamera yang dibutuhkan. Sebaiknya pilihlah sparepart yang orisinal sebab biasanya hal ini dapat mempengaruhi performa kamera. Daripada memilih yang KW tapi cepat rusak lagi, lebih baik memilih sparepart kamera yang orisinal supaya lebih tahan lama, bukan?

Nah, jika memerlukan detail, spesifikasi, harga, bahkan review suatu produk, silakan cari di Beli.com. Hanya di Beli.com, Anda bisa mendapatkan review produk terlengkap dan terakurat!