Remote Trigger

Untuk memenuhi kebutuhan pencahayaan saat melakukan pemotretan, terkadang flash kamera tidak hanya diletakkan pada kamera (hot shoe), tetapi juga diletakkan pada beberapa tempat. Saat ingin mengaktifkan beberapa flash ini, dibutuhkan sebuah alat yang biasa disebut remote trigger. Dengan alat ini, akan lebih mudah memicu lampu flash yang tidak dipasangkan pada kamera.

Macam Remote Trigger

Remote trigger flash sangat banyak macamnya, tetapi yang sering ditemukan di pasaran dan paling banyak digunakan ada empat macam, yaitu basic manual trigger, grouping trigger, TTL pass through trigger, dan TTL radio trigger.

Basic Manual Trigger

Kalau menginginkan remote trigger dengan fitur yang sederhana, basic manual trigger dapat dijadikan pilihan. Jadi, pada alat ini tidak terdapat fitur untuk mengelompokkan beberapa flash (grouping) atau mengirimkam sinyal TTL untuk mengukur cahaya secara otomatis. Harganya pun tergolong variatif, mulai dari yang murah meriah yaitu sekitar Rp200 ribu hingga yang mahal. Namun, tentu saja hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika Anda membutuhkan trigger yang jaraknya bisa lebih jauh, awet, dan jarang macet, sebaiknya pilihlah yang kualitasnya premium.

Grouping Trigger

Remote trigger yang satu ini memungkinkan penggunanya untuk memasang beberapa lampu kilat atau flash sekaligus serta melihat efeknya, baik secara individu maupun kelompok. Dengan alat ini, kerja fotografer pun menjadi lebih ringan sebab tidak harus membuka-tutup flash satu per satu. Budget yang harus disiapkan untuk mendapatkan trigger jenis ini berkisar pada angka Rp800 ribu hingga Rp2,5 juta per pasangnya, tergantung pada spesifikasi yang ditawarkan.

Through the Lens (TTL) Radio Trigger

TTL merupakan semacam fitur kamera terkait kemampuannya dalam mengukur exposure supaya dapat mengontrol kekuatan dan instensitas cahaya yang akan dikeluarkan oleh flash. Trigger jenis ini dapat menyiasati supaya sinyal TTL dari kamera bisa langsung menuju ke flash. Remote trigger ini banyak macamnya. Yang standar biasanya hanya memungkinkan pengguna mengatur satu kelompok lampu kilat.

Namun, beberapa TTL radio trigger sudah dapat digunakan untuk mengatur rasio pencahayaan antara beberapa lampu kilat atau kelompok lampu kilat, bahkan ada pula yang high-speed sync, sehingga dapat dipakai untuk mengatur flash dengan shutter speed yang sangat cepat. Bagaimana dengan harganya? Tentu saja harga trigger jenis ini amat variatif, tergantung fitur dan kemampuannya.

Through the Lens (TTL) Pass Through Trigger

Berbeda dengan TTL radio trigger, remote trigger yang satu ini mempunyai reliability yang tinggi dan dapat mengirimkan sinyal TTL dalam jangkauan jarak ekstra jauh. Biasanya juga dilengkapi fitur di mana pengguna dapat memakai hot-shoe (yang ada di atas kepala transmitter) secara TTL.

Jika Anda berencana membeli flash beserta remote trigger camera, silakan baca dulu review produknya di Beli.com. Dengan begitu, Anda dapat membandingkan kualitas varian produk antara brand satu dengan brand lainnya. Apalagi, Beli.com merupakan situs penyedia review produk terlengkap, ter-update, dan terakurat!