Perlengkapan Studio

Kalau Anda pikir bahwa kamera, lensa, dan flash saja sudah cukup untuk membuka usaha studio foto profesional, Anda salah besar. Beberapa peralatan tersebut memang merupakan elemen pokok, tetapi masih belum memenuhi standar sebuah studio foto. Sebuah studio foto memerlukan perlengkapan yang tidak sedikit, dengan biaya pengadaan yag tidak sedikit pula. Beberapa perlengkapan studio yang harus dimiliki, antara lain lighting, softbox, payung studio, reflektor, kabel sinkronisasi, bahkan background. Berikut ini akan diberikan uraian singkat mengenai masing-masing perlengkapan studio foto tersebut.

Perlengkapan Pencahayaan

Yang pertama, lighting. Dalam dunia fotografi, pencahayaan merupakan faktor penentu kualitas sebuah foto. Berhubung konsepnya studio alias berada di dalam ruangan, intensitas cahaya pun otomatis tidak sebanyak jika berada di luar ruangan. Karena itulah, harus disiapkan peralatan lighting yang memadai. Hingga saat ini sudah banyak sekali jenis lampu untuk studio yang beredar di pasaran, mulai dari yang kecil hingga yang berdaya besar. Anda pun bisa memilihnya sesuai kebutuhan.

Agar hasilnya menjadi halus, lighting pun harus didukung softbox. Softbox ini merupakan salah satu perlengkapan studio yang harus dimiliki. Dengan digunakannya softbox, cahaya yang dihasilkan akan menjadi lebih terarah karena cakupan cahaya yang dihasilkan softbox lebih terbatas. Selain itu, perlu juga diperhatikan ukurannya sebab ukuran softbox juga mempengaruhi hasil yang didapat, Semakin besar ukurannya, semakin lembut pula cahaya yang dihasilkan.

Nah, biasanya kalau bukan softbox, payung studio akan menjadi pilihan perlengkapan studio photo. Hasilnya mungkin tidak sehalus jika menggunakan softbox, tetapi sangat baik untuk memenuhi kebutuhan cahaya dengan cakupan area cahaya yang lebih luas. Jangan lupa pula untuk menyertakan reflektor. Tujuan dari salah satu perlengkapan studio mini adalah untuk memantulkan cahaya utama sehingga cahaya jadi lebih merata. Ada beberapa jenis reflektor dengan karakter dan fungsinya masing-masing. Jika menginginkan efek yang lebih soft, Anda dapat menggunakan reflekrot warna putih, Jika menginginkan efek warm, gunakan saja reflektor warna emas.

Perlengkapan Studio Lainnya

Hal lain yang tak boleh terlupa adalah kabel sinkronisasi, Walau terlihat sepele, alat ini tergolong harus dimiliki sebab kabel sinkronisasi digunakan sebagai penghubung antara kamera dan lampu studio. Jadi, ketika shutter kamera dipencet, maka seluruh perlengkapan studio akan menyala.

Sementara itu, tak hanya soal pencahayaan, background pun akan mempengaruhi hasil foto. Sebuah studio foto tidak bisa hanya mengandalkan tembok saja untuk mendapatkan nilai estetis tertentu. Untuk warna dan gambarnya tentu dikembalikan pada kebutuhan masing-masing, apakah untuk foto wisuda atau foto prewedding.

Perlengkapan studio yang sudah disebutkan di atas, selain dapat dibeli secara terpisah, biasanya juga ditawarkan dalam satu paket. Pastikan untuk survei dulu sebelum membeli, sekadar mengecek harga dan spesifikasinya. Beli.com dapat membantu Anda untuk mendapatkan review produk terlengkap dan terakurat!