Memory Card

Di era digital ini, memory card ibaratnya adalah ruangan yang menampung segala macam data. Tidak hanya telepon genggam, kamera pun membutuhkan benda yang satu ini--sejak orang tidak menggunakan lembaran film seperti dalam kamera analog, tentunya. Uniknya, saat membeli kamera baru, sebagian besar orang cenderung mengabaikan spesifikasi kartu memori untuk kamera digital, seperti kecepatan, kapasitas, dan merek. Padahal, karena bertugas menyimpan data foto dan video, spesifikasi memory card kamera sudah seyogianya diperhatikan

Jenis Kartu Memori untuk Kamera

Setiap kamera digital yang digunakan mengharuskan spesifikasi jenis memory card yang berbeda-beda. Ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu pada buku panduan kamera untuk mengetahui jenis memory card kamera digital yang bisa support. Beberapa jenis yang sering digunakan antara lain CompactFlash I & II, Secure Digital card (SDCard), microSD card, Memory Stick dan sebagainya.

Setelah diketahui jenisnya, barulah memulai untuk memilih micro SD kamera yang tepat. Aspek yang pertama dilihat adalah kecepatan. Ada dua jenis indikasi kecepatan, yaitu dilihat dari Speed Class dan Ultra High Speed alias UHS-nya. Speed Class menentukan kinerja kecepatan penulisan minimum saat merekam file foto, sedangkan UHS Speed Class menentukan kinerja kamera dalam merekam video. Speed Class sering ditunjukkan dengan angka, misal Class 2, 4, 6 dan 10. Angka-angka tersebut mengindikasikan kinerja kecepatan memory kamera. Jadi, Class 2 berarti kecepatan kartu dalam menangkap gambar adalah 2 MB/detik, dan seterusnya. Sementara itu, UHS memiliki dua kelas yang ditentukan Asosiasi SD, yaitu UHS 1 (U1) dan UHS Speed Class 3 (U3). Kecepatan memory card kamera ini juga menentukan durasi penyalinan dan pemindahan data dari memory card ke hard disk.

Kapasitas Kartu Memori untuk Kamera

Dalam memilih memory card kamera, perlu dipertimbangkan pula kapasitasnya. Makin besar resolusi atau megapiksel kameranya, sebaiknya digunakan kapasitas kartu memori yang makin besar pula. Untuk kamera dengan resolusi 12 MP, kapasitas kartu memori yang disarankan adalah 8 GB. Akan tetapi, jika kamera yang digunakan beresolusi lebih dari 24 MP dan sering digunakan merekam video, lebih baik pilihlah berkapasitas 64-128GB dan berkecepatan tinggi (UHS-3).

Merk Kartu Memori untuk Kamera

Kadang-kadang merek pun bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli memory card kamera. Hal ini biasanya berkaitan erat dengan garansi yang ditawarkan. Merek-merek kenamaan semacam SanDisk, Transcend, ataupun V-Gen menyediakan warranty lifetime sehingga siapa pun tak perlu khawatir jika suatu saat memory card kamera rusak atau data di dalamnya hilang.

Perlu ulasan lebih lanjut terkait merek apa yang cocok untuk dijadikan memory card kamera yang sedang kamu gunakan? Cobalah kunjungi Beli.com dan lihatlah aneka review produk dalam kategori brand. Di Beli.com produk apa pun ada review-nya! Karena cuma Beli.com nih, situs penyedia review terlengkap dan paling update di Indonesia.