Lensa Kamera

Pertimbangan utama saat akan membeli kamera, bukanlah modelnya, bukan pula warnanya, melainkan lensa kamera. Tak dapat dipungkiri, lensa adalah jantungnya sebuah kamera, sangat vital dan tak dapat diganggu gugat. Apalagi jika mengingat fungsinya sebagai alat untuk memfokuskan cahaya hingga mampu membakar medium penangkap, misalnya film dalam kamera analog. Jadi, benda ini harus menjadi spesifikasi yang dilihat pertama kali saat membaca review produk kamera.

Jenis Lensa pada Kamera

Secara garis besar, terbagi menjadi dua jenis, yaitu zoom dan fix. Masing-masing jenis lensa tersebut mempunyai kegunaan yang berbeda. Nah, siapapun yang sedang belajar fotografi harus mengetahui perbedaannya.

Sesuai dengan namanya, zoom digunakan untuk memotret sebuah objek yang dirasa terlalu jauh dan harus melakukan zoom untuk mendapatkan gambar yang bagus. Jenis ini memiliki focal length alias jarak fokus yang bisa diatur sesuai dengan rentang tertentu. Misalnya, kamera dengan focal length 18-55 mm itu menandakan bahwa focal length yang bisa dipilih hanya dari 18 mm dan maksimal 55 mm. Lensa zoom terbagi lagi menjadi dua jenis, yakni zoom tele untuk memotret jarak jauh dan zoom wide untuk memotret dengan jangkauan yang lebih lebar, misal untuk foto pemandangan atau landscape. Ukuran fisik kedua jenis zoom ini juga berbeda. Kalau zoom tele bentuknya lebih panjang dan berat, zoom wide cenderung pendek dan ringan.

Lalu, ada pula jenis fix atau prime. Focal length yang dimiliki fix hanya satu, sudah paten, dan tidak dapat diubah-ubah. Contohnya, jika memiliki kamera dengan focal length “lensa fix 50 mm”, itu artinya ya sudah, jarak fokusnya hanya 50 mm. Si penggunalah yang harus berjalan maju atau mundur untuk memotret sebuah objek.

Selain kedua jenis di atas, ada pula sapu jagad yang merupakan kombinasi antara zoom tele dan zoom wide, makro yang digunakan untuk mengambil foto jarak dekat, fish eye yang biasa digunakan jika menginginkan tampilan foto hampir 180 derajat atau membundar seperti pandangan dari mata ikan, lensa parfokal yang biasanya digunakan jika menginginkan bidang fokus yang tajam meski jarak fokusnya berubah, dan lain-lain.

Range Harga Lensa Kamera

Dengan keunikan dan keragaman fungsi yang ditawarkannya tersebut, maka lensa kamera pun dijual dengan harga yang sangat variatif, mulai dari ratusan ribu hingga yang harganya melampaui harga kamera utamanya. Jadi, sebaiknya sesuaikan lensa yang akan dibeli dengan kebutuhan masing-masing.

Nah, jika kali ini barang yang sedang dicari adalah lensa untuk kamera, jangan lupa untuk membandingkannya antara merek satu dengan merek lainnya. Supaya lebih mudah, bacalah review produknya di Beli.com. Produk yang di-review pun beragam, mulai dari produk elektronik hingga batu akik. Beli.com merupakan situs penyedia review terlengkap, ter-update, dan terakurat di Indonesia!