Lens Hood

Yang sepele belum tentu tidak dibutuhkan. Dalam dunia fotografi, ada dua jenis aksesori kamera kecil yang sering terlupa dan disepelekan, yaitu lens cap dan lens hood. Sekilas keduanya sama-sama memiliki fungsi utama untuk melindungi lensa kamera, tetapi sebenarnya juga mempunyai fungsi lain yang membedakan. Yang pasti, lens hood dan cap ini sama-sama pentingnya jika menganggap sebuah kamera adalah investasi.

Perbedaan Lens Hood dan Cap

Setiap kamera DSLR pasti sudah dilengkapi dengan benda yang satu ini. Ya, lens cap atau yang biasa dikenal juga dengan sebutan tutup lensa merupakan aksesori bawaan yang digunakan melindungi lensa dari debu, cairan, goresan, benturan, serta sentuhan jari. Oleh karena itu, lens cap harus selalu terpasang saat sedang tidak digunakan.

Lens cap yang beredar di pasaran saat ini terdiri dari dua jenis, yaitu lens cap depan dan lens cap belakang. Jika lens cap depan digunakan untuk menutup bagian depan lensa serta tidak menempel langsung pada kamera, maka lens cap belakang digunakan menutupi bagian belakang lensa saat sebuah lensa sedang tidak terpasang di bodi kamera. Model lens cap ini juga bermacam-macam, mulai dari push-on (yang paling umum/universal), snap-on, screw-on, dan lain-lain.

Sementara itu, lens hood digunakan untuk melindungi lensa justru saat kamera sedang digunakan. Lens hood ini akan melindungi lensa dari paparan sinar matahari. Perlu diketahui, jika sinar matahari langsung mengenai bagian depan lensa kamera atau filter yang terpasang, maka ada kemungkinan terjadi flare. Flare biasanya terlihat seperti bentuk lingkaran di sepanjang foto. Flare juga membuat foto tidak kontras atau tampak berkabut. Jadi, hood dan cap kamera ini amat dibutuhkan ketika mengambil foto di luar ruangan dalam keadaan terik.

Memilih Lens Hood yang Tepat

Dalam memilih lens hood, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, ukuran hood yang harus disesuaikan dengan ukuran lensa kamera. Jika ukurannya terlalu besar, lens hood dapat menghalangi cahaya dan dapat memunculkan semacam vignette. Bentuknya pun harus diperhatikan. Terdapat dua bentuk lens hood yang tersedia, yaitu yang bentuknya bundar dan bentuk bunga/tulip. Masing-masing bentuk ini dapat digunakan sesuai kebutuhan pemotretan.

Menilik kegunaan lens hood dan cap, tidak ada salahnya jika seseorang yang sedang menekuni dunia fotografi memiliki kedua-duanya. Terutama, lens cap. Benda yang satu ini sering hilang entah ke mana karena ukurannya memang kecil dan harus selalu dipasang-copot. Hood cap juga punya peran penting supaya lensa kamera yang dimiliki tetap awet dan tidak mudah rusak. Harga hood cap ini juga relatif terjangkau, tinggal mencari yang sesuai dengan ukuran lensa dan merek kamera.

Sebelum membeli lens hood cap, ada baiknya untuk mengecek review produknya di Beli.com. Jadi, kemungkinan salah atau keliru membeli produk hood cap dapat diminimalisasi. Tak cuma hood dan cap, segala macam produk yang berhubungan dengan kamera, ada review-nya di Beli.com. Beli.com merupakan situs penyedia review terlengkap dan terakurat.