Kamera Digital

Siapa pun bisa menjadi layaknya fotografer profesional di era digital ini. Tidak perlu harus belajar teknik fotografi yang ribet hanya untuk mengambil gambar yang sempurna. Pun tidak perlu harus belajar dengan kamera analog dulu untuk mengetahui dasar-dasar mengambil foto. Teknologi digital mampu menjawab kebutuhan berfoto yang ringkas dan cepat melalui kamera digital.

Kekhasan Kamera Digital

Kamera digital merupakan sebuah kamera yang mengkodekan gambar dan video dan menyimpannya sebelum proses reproduksi di kemudian hari, misalnya dicetak atau diputar. Pada kamera ini, terdapat sensor penangkap gambar atau yang dikenal juga sebagai CCD (Charged Coupled Device) dan CMOS (Complementary Metal Oxide Semiconductor) dan yang terbaru, BSI-CMOS (Back Side Illumination CMOS) yang berfungsi sebagai media perantara pembiasan dalam sistem optiknya. Pada tahun 2013, kebanyakan kamera telah menggunakan BSI-CMOS yang lebih irit daya, tetapi mampu menghasilkan gambar yang lebih baik.

Kekhasan lain yang terdapat pada kamera digital adalah layar LCD-nya. Pada layar ini akan terpampang jelas detail setting kamera dan bagaimana bidikan yang akan dan telah ditangkap oleh sensor kamera. Jadi, sebelum dan sesudah mengambil gambar, setiap penggunanya bebas menentukan foto seperti apa yang akan diambil dan bebas menghapus foto mana saja yang dirasa tidak sesuai.

Salah satu ciri khas yang hanya dimliki kamera sejuta umat ini, tentunya soal media penyimpanannya. Jika pada kamera analog, gambar tersimpan dalam lembaran film, pada kamera digital terdapat sebuah ruang untuk memasukkan external memory, misalnya kartu memori. Dengan media penyimpanan semacam ini, setiap jepretan yang diambil dapat digandakan dan dipindahkan kapan saja.

Jenis dan Harga Kamera

Ada begitu banyak jenis kamera dengan sistem digital ini di pasaran, di antaranya kamera saku atau pocket camera, kamera DSLR, dan sebangsanya. Kalau menginginkan kamera yang simpel, praktis, dan ringan dibawa ke mana-mana, pilih saja kamera saku. Namun, jika tertantang untuk menggunakan kamera dengan sistem digital, tetapi ingin bereksplorasi dengan settingan yang manual dan komplit, DLSR camera dapat dijadikan pilihan. Harga yang harus dikeluarkan untuk sebuah kamera DSLR terbilang variatif kok, mulai dari Rp1 jutaan hingga belasan juta, tergantung merek dan spesifikasinya.

Supaya tidak mudah tertipu saat akan belanja kamera secara online, sebaiknya kumpulkan terlebih dahulu informasi yang dibutuhkan, misal spesifikasi lensanya, piksel, hingga harganya. Dengan demikian, akan lebih mudah mendapatkan kamera yang diinginkan.

Nah, apakah sekarang sedang mencari review produk kamera digital? Segera saja kunjungi Beli.com. Soalnya di sini ada banyak sekali review produk. Tak cuma kamera, aksesori kamera pun ada reviewnya! Sebab, Beli.com memang situs penyedia review terlengkap, update, dan akurat!