Kamera Analog

Sebelum kehadiran teknologi digital, untuk mengambil potret suatu objek, seseorang harus menggunakan kamera analog. Kamera jenis ini merupakan kamera yang teknik pengambilan serta penyimpanan gambarnya masih menggunakan film seluloid, sebuah lembaran pita yang dibuat melalui proses kimiawi dan dapat dicetak ataupun ditayangkan kepada khalayak dengan sistem proyeksi. Karena itulah, kamera yang satu ini juga sering disebut dengan istilah kamera film.

Dewasa ini kamera analog memang sudah mulai ditinggalkan banyak orang. Alasannya, cara menggunakannya relatif tidak mudah. Selain itu, jika ingin melihat jepretan yang sudah diambil, harus dilakukan proses cuci cetak dulu. Proses ini dianggap merepotkan karena harus mengolah film yang terpasang dalam kamera untuk menjadi negatif film, kemudian baru dicetak. Hal ini tentu berbeda dengan kamera digital. Beberapa detik setelah memotret, suatu objek langsung dapat dilihat hasil jepretannya, tanpa harus mencetaknya terlebih dulu.

Kelebihan Kamera Analog yang Wajib Diketahui

Meski dianggap usang dan ketinggalan zaman, kamera analog masih diminati dan diburu orang. Pasalnya, kamera jenis ini memiliki beberapa kelebihan, yang mungkin tidak dimiliki kamera digital. Beberapa kelebihannya antara lain mempunyai resolusi yang amat besar dan tidak dibatasi piksel resolusi seperti pada kamera digital, pada hasil fotonya tidak terdapat noise dan warnanya lebih vivid, komponen bodi kameranya lebih ringan, tetapi tahan lama dan tahan banting, media penyimpanannya lebih terjamin dan tidak mungkin ada korup atau eror seperti pada kartu memori, serta sederet kelebihan lainnya.

Tak hanya itu, yang mencintai dunia fotografi pasti juga ingin mengoleksi kamera lawas ini. Bagi mereka, kamera dengan film semacam ini membuat setiap jepretan terasa amat berharga. Bagaimana tidak, mereka tidak bisa asal-asalan memotret dan menghapus fotonya begitu saja, seperti ketika memakai kamera digital. Menggunakan kamera ini juga dapat melatih skill dan insting seorang fotografer, terutama dalam mendapatkan cahaya serta angle yang tepat untuk melahirkan jepretan yang sempurna.

Kabar Kamera Analog Hari Ini

Meski sudah dianggap ketinggalan jaman, masih banyak fotografer professional yang menggunakan kamera analog untuk mendapatkan hasil foto yang sempurna. Demi memenuhi kebutuhan para profesional serta orang-orang yang mungkin tertarik mencicipi pengalaman mengambil gambar dengan sistem analog, hingga saat ini beberapa brand kenamaan masih mengeluarkan seri produk analog unggulannya masing-masing. Harga kamera analog yang ditawarkan pun sangat variatif, tergantung pada spesifikasi dan keunikan yang ditawarkan. Tidak susah juga mencari kamera jadul ini. Tidak perlu harus berburu ke pasar loak atau bahkan ke pasar barang antik dan melakukan tawar-menawar harga dengan alot di sana. Kini sudah banyak yang menjual kamera ini secara online dengan harga standar, bahkan ada pula yang bisa dinego.

Nah, sebelum hunting kamera analog incaran kamu, intip dulu Beli.com. Soalnya di sini ada banyak sekali review produk, mulai dari spesifikasi hingga harga standarnya di pasaran. Tak perlu khawatir, Beli.com memang situs penyedia review terlengkap, update, dan akurat!