Handycam

Untuk mengabadikan sebuah momen, terkadang sebuah foto saja tidak cukup. Beberapa orang lebih memilih merekamnya dalam bentuk video agar suasananya tetap hidup saat diputar berulangkali bahkan walau momennya telah lama berlalu. Salah satu perangkat yang digunakan untuk merekam gambar yang bergerak ini adalah handycam.

Dengan alat yang satu ini, kumpulan gambar yang ditangkap oleh lensa direkam secara cepat oleh sebuah perangkat yang disebut photosensitive—pada kamera jenis lama, perangkat perekam tersebut bernama film. Pada handycam jenis terbaru telah digunakan sensor light-sensitive imaging yang dapat mengubah cahaya menjadi sinyal elektrik. Sinyal tersebut kemudian diubah menjadi video data, yang akhirnya akan tersimpan, bersamaan dengan data suaranya.

Berbeda dengan perangkat perekam terdahulu yang media penyimpanannya menggunakan kaset video, termasuk VHS dan VHS-C, handycam dewasa ini telah memanfaatkan teknologi digital yang mengandalkan kartu memori atau hard disk untuk menyimpan data.

Tipe Umum Handycam

Siapapun boleh bersenang hati karena saat ini ukuran handycam tidaklah sebsar dulu, tetapi memiliki fungsi dan kapabilitasnya yang jauh leih baik. Secara umum, alat perekam video dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu full-size handycam dan action cam. Tipe yang pertama masih sama saja dengan model yang terdahulu. Hanya saja, kualitas gambarnya jauh lebih baik dan dilengkapi berbagai macam fitur yang memudahkan. Sedangkan tipe action cam masih tergolong baru di jagat perangkat perekam. Action cam didesain merekam kegiatan outdoor dan berbagai aktivitas seperti bersepeda, surfing, dan sebagainya. Karena itulah, bentuknya cukup compact dan biasanya tidak memiliki viewfinder atau atau pun LCD.

Beberapa Fitur pada Handycam

Ada beberapa fitur yang harus diperhatikan ketika berencana membeli handycam. Beberapa fitur tersebut antara lain viewfinder atau jendela bidik, flip out LCD yang berfungsi untuk melihat objek yang direkam hanya dari layar, image stabilizer agar lebih tahan guncangan, autofocus, mode otomatis, zoom dan optical zoomnya, fitur WiFi dan NFC (Near Field Communication) untuk melakukan transfer data, dan sebagainya. Pada beberapa merek, ada pula fitur yang mendukung perekaman video 3D serta fitur proyektor yang memungkinkan pengguna memproyeksi videonya pada sebuah layar, seperti misalnya yang ada pada merek Sony terbaru.

Harga Handycam di Indonesia

Meninjau beberapa fitur yang mungkin ada, harga handycam sudah pasti variatif, tergantung dengan spesifikasi, keunikan fitur, serta merek yang mengusungnya. Harga yang ditawarkan paling murah dari Rp150 ribu hingga yang harganya bisa mencapai Rp20 juta!

Nah, pastikan untuk mengecek terlebih dahulu fitur yang ditawarkan serta membanding-bandingkan harga sebelum memutuskan membeli perangkat perekam video ini. Kalau perlu, baca dulu review produknya supaya didapatkan gambaran yang lebih jelas. Kunjungi Beli.com jika membutuhkan review produk terlengkap, ter-update, dan terakurat di Indonesia!