Filter Kamera

Di antara sekian banyak produk aksesori kamera, filter kamera merupakan salah satu benda yang paling dicari oleh mereka yang berkecimpung di dunia fotografi. Benda yang umumnya terpasang di ujung lensa kamera ini mempunyai fungsi dasar untuk melindungi bagian utama lensa. Bentuknya biasanya bulat dengan ring besi, mengikuti bentuk lensa, meski ada pula yang berbentuk kotak. Filter kamera bermacam-macam jenis dan fungsinya serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan si pemotret.

Jenis Filter Kamera

Sebenarnya ada banyak sekali jenisnya khusus untuk lensa kamera yang beredar di pasaran. Akan tetapi, secara garis besar yang biasa digunakan dan dicari orang di antaranya fultra violet (UV), polarisasi, Neutral Density, dan Graduated ND. Urutan pertama jenis filter kamera yang paling banyak dicari adalah ultra violet (UV). Bentuknya seperti kaca bening biasa ini berfungsi untuk melindungi lensa dari benturan. Benda ini juga dapat mencegah munculnya efek Haze atau kabut tipis pada foto.

Ada pula polarisasi. Sekilas jenis ini mirip kaca film karena fungsinya memang untuk meningkatkan kontras dan mengurangi pantulan cahaya. Dengan menggunakan ini, kontras antara langit dan awan menjadi terbedakan—warna langit kelihatan menjadi lebih biru. Makanya, pemburu foto landscaper sering menggunakan aksesori yang satu ini.

Selanjutnya filter kamera yang disukai fotografer adalah Neutral Density (ND). Fungsinya lebih kepada pengurangan intensitas cahaya sehingga jenis ini sering digunakan dalam fotografi long exsposure atau foto slow speed. Hampir senada dengan Neutral Density, ada pula Graduated ND yang juga membuat foto terlihat lebih gelap. Hanya saja, kepekatan atau tingkat gelapnya bisa diatur. Ini cocok untuk yang senang memburu potret sunrise atau sunset di tepi pantai.

Selain keempat jenis pokok di atas, sering juga digunakan infrared jika menginginkan hasil foto yang terlihat agak kemerahan. BW, Close Up untuk menunjang fotografi makro, soft focus, dan masih banyak lagi. Hanya saja, banyak filter kamera yang sudah jarang dipakai, mengingat teknologi edit foto yang sudah berkembang pesat melalui Photoshop dan berbagai macam aplikasi edit foto instan.

Range Harga Filter Kamera

Filter camera memiliki fungsi dan keunikan yang beragam. Oleh karena itu, harganya pun tergolong variatif, mulai dari Rp40 ribu hingga jutaan rupiah! Yang membedakan harganya biasanya adalah spesifikasi, kelengkapan, dan mereknya.

Sebelum mencari filter untuk lensa kamera, lihatlah kembali kebutuhan masing-masing. Sempatkan pula untuk membaca review produknya di Beli.com. Produk yang di-review Beli.com bermacam-macam lho, tinggal melihat kategori atau brandnya. Beli.com adalah situs penyedia review terlengkap, ter-update, dan terakurat di Indonesia!