Drone

Pernahkah melihat liputan berita di televisi atau rekaman video pernikahan dengan shoot angle dari atas? Percayalah, tidak perlu harus terbang dan naik helikopter sungguhan hanya untuk mengambil foto dan merekam video. Ada teknologi bernama drone yang dapat melakukannya untuk Anda. Pada dasarnya, drone helicopter ini merupakan pengembangan dari pesawat tanpa awak atau yang dalam Bahasa Inggris disebut Unmanned Aerial Vehicle (UAV).

Sejarah dan Latar Belakang Drone

Ide drone sendiri muncul pertama kali pada 22 Agustus 1849. Saat itu dunia sedang dihebohkan dengan pertempuran antara Austria melawan kota Venesia, Italia. Austria yang menguasai mayoritas wilayah Italia dalam pertempuran itu meluncurkan ratusan senjata balon dari kapal Austria Vulcano. Balon tersebut pun berhasil mengenai target walaupun ada juga yang meleset berubah arah karena tertiup angin dan malah meledak di perbatasan Austria dan Italia.

Kemudian, ide tersebut diadopsi dalam penciptaan remote control serta penciptaan pesawat tanpa awak yang membawa bom terbang pada masa Perang Dunia I. Pada tahun 1917, konsep drone tersebut akhirnya dikembangkan menjadi mesin terpedo udara milik militer negeri Paman Sam itu. Konsep ini juga terbawa hingga Perang Dunia II dan digunakan pula oleh militer Jerman serta pemerintahan Nazi.

Seiring berkembangnya teknologi, alat ini tidak hanya digunakan untuk keperluan militer, tetapi juga untuk mengirimkan bantuan ke daerah terpencil, survei lokasi dari udara, syuting berbagai acara, keperluan iklan, hingga kebutuhan hobi dan koleksi. Bentuknya pun tidak lagi sebesar dulu. Kini pesawat tanpa awak inipun hadir dalam bentuk kecil, hanya sebesar mainan pesawat dengan remote control.

Range Harga Drone

Kebanyakan drone helicopter yang beredar di pasaran saat ini merupakan jenis yang telah dipasangi kamera dan beberapa fitur lainnya sehingga dapat digunakan untuk mengambil gambar dan merekam video dari atas. Sangat cocok bagi orang-orang yang hobi foto atau membuat film pendek. Harga yang ditawarkan pun terbilang sangat variatif. Mulai dari kisaran Rp600 ribu hingga Rp10 juta, tergantung merek dan spesifikasinya. Semakin lengkap fiturnya, semakin bagus spesifikasinya, semakin mahal pula harganya.

Merk Drone yang Terkenal di Indonesia

Beberapa produsen pesawat tanpa awak yang terkenal di Indonesia antara lain DJI Phantom, Parrot, Syma, dan lain sebagainya. Masing-masing mempunyai kelebihan tertentu. Misalnya saja, DJI Phantom, dikenal sudah dilengkapi dengan sistem GPS. Dengan begitu, pengguna tak perlu khawatir lagi saat akan menerbangkan drone dalam jarak yang cukup jauh dan tinggi. Berbeda dengan DJI Phantom, Parrot dikenal sebagai drone helicopter yang memiliki banyak media kontrol, seperti remote, smartphone, kacamata, dan sebagainya sehingga mudah digunakan untuk mengambil foto atau video.

Nah, apakah Anda sedang berencana membuat video drone? Survei dulu harga dan spesifikasinya di Beli.com. Jika memerlukan review produknya, Beli.com juga menyediakannya lho! Produk yang direview pun beragam, sesuai dengan kebutuhan sehari-hari, mulai dari pisau dapur sampai gadget yang sedang hits! Karena Beli.com merupakan situs penyedia review terlengkap dan paling update di Indonesia.