Baterai Kamera

Saat sedang asyik-asyik mengambil gambar dengan kamera kesayangan, pernahkah baterai kameranya tiba-tiba habis? Wah, rasanya sudah pasti mengesalkan. Maka dari itu, bisa dibilang baterai kamera adalah komponen penting sebuah kamera. Tanpa sebuah baterai, kamera jadi kehilangan daya untuk bekerja dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Supaya kejadian tersebut tidak terulang, pastikan untuk tidak lupa mengisi ulang baterai kamera sebelum hunting foto ya! Ingin tahu lebih banyak tentang baterai kamera? Simak informasi berikut ini.

Tipe Baterai untuk Kamera

Ada beberapa tipe baterai untuk kamera yang saat ini beredar di pasaran, antara lain baterai Ni-MH (Nickel-Metal Hydride), baterai Li-Ion (Lithium-Ion), dan baterai Li-po (Lithium polymer) yang merupakan pengembangan dari baterai Li-ion. Masing tipe-tipe baterai tersebut mempunyai daya tahan, siklus, serta self-discharge yang berbeda-beda.

Namun, saat ini, tipe baterai yang lebih sering ditemukan serta digunakan baik untuk kamera maupun gadget adalah yang tipe Lithium sebab kapasitasnya lebih besar dan lebih ramah lingkungan. Tipe baterai Lithium digunakan pada hampir semua brand, termasuk brand-brand kenamaan seperti baterai kamera Nikon, baterai kamera Canon, baterai kamera Sony, dan sebagainya.

Kelebihan Baterai Lithium

Dengan baterai tipe ini, sebuah kamera dapat digunakan untuk mengambil ratusan bahkan ribuan kali jepretan dan juga untuk keperluan video shooting. Baterai kamera Nikon D3200, misalnya, dapat digunakan hingga 540 kali jepretan untuk model single frame. Baterai ini disebut-sebut juga bisa bertahan hingga 1.800 jepretan jika digunakan untuk menangkap gambar secara kontinyu. Tipe baterai Lithium juga digunakan pada baterai kamera Olympus. Baterai untuk kamera merek ini tergolong terjangkau sebab harganya berkisar pada angka Rp200 ribuan.

Tips Memilih Baterai untuk Kamera

Karena merupakan komponen penting pada sebuah kamera, maka wajib hukumnya mencari baterai yang sesuai dengan merek kamera yang sedang digunakan. Masing-masing baterai kamera yang ditawarkan memiliki fungsi dan spesifikasi yang berbeda-beda. Spesifikasi inilah yang harus disesuaikan dengan merek kamera sekaligus kebutuhan pengguna.

Pun yang tak boleh terlupa, sebaiknya carilah baterai orisinal sehingga lebih tahan lama dan tidak mengganggu kinerja kamera itu sendiri. Pastikan untuk tidak tergiur harga murah saja sebab baterai tersebut kemungkinan bukan yang orisinal alias KW. Risiko yang kemungkinan didapatkan pun bisa bermacam-macam, mulai dari menggembung, cepat rusak, atau malah berpotensi merusak kamera. Tidak mau hal ini terjadi, bukan?

Nah demikianlah informasi tentang baterai yang dapat digunakan pada kamera. Tertarik untuk membeli baterai kamera? Daripada bingung karena tidak tahu spesifikasi dan info tentang berbagai merk baterai untuk kamera, baca dulu review berbagai merk baterai untuk kamera di Beli.com karena cuma Beli.com nih, situs penyedia review terlengkap dan paling update di Indonesia.