Batu Akik

Tidak sembarang batu dapat dijual dengan harga jutaan rupiah seperti batu akik. Jenis batu yang dalam Bahasa inggris disebut gemstone ini sebenarnya merupakan batu yang terbentuk akibat proses alam yang kemudian dipoles untuk dijadikan perhiasan. Tak heran jika Indonesia sebagai negara yang berada di atas lingkaran api atau lava (ring of fire) juga banyak memiliki kekayaan batu alam. Dari Sabang sampai Merauke, dapat ditemukan batu jenis ini dengan jenis dan namanya masing-masing.

Mengapa Harga Batu Akik Mahal?

Ada banyak alasan mengapa batu jenis ini sempat booming dan dijual dengan harga yang sanggup bikin siapa saja terbelalak. Pertama, proses pencarian serta pembuatannya memang tidak mudah. Untuk mendapatkan batu yang diinginkan, seseorang harus memburu dan menggalinya ke beberapa tempat. Tak jarang, bongkahan batu baru didapatkan setelah menggali dengan kedalaman 20 meter. Bongkahan batu yang didapatkan pun harus dibawa ke pengrajin terlebih dahulu untuk dibelah-belah dan digosok. Cara menggosoknya pun sering kali menggunakan cara yang tradisional sehingga akan memakan waktu yang tidak sebentar.

Kedua, kualitas dan corak batu. Batu jenis ini biasanya memiliki corak yang unik dan bisa disebut limited edition. Tak heran, jika semakin bagus warna, tingkat kejernihan, ukuran, dan kekerasan batunya, maka akan semakin mahal pula harganya. Misalnya saja, batu akik bacan. Batu tersebut walau beratnya hanya sekitar 5 gram sempat laku dijual dengan harga Rp3 juta-Rp5 juta per butir. Bahkan, untuk warna dan corak tertentu, harga jual batu bacan bisa mencapai ratusan juta rupiah!

Ketiga, isi dan manfaat sebuah batu jenis ini. Jika sebuah batu dikatakan memiliki khasiat secara mistik, maka daya jualnya pun akan bertambah mahal. Batu akik bertuah biasanya diburu berdasarkan khasiat atau tuah yang dimilikinya, entah itu dalam hal kesehatan, penglarisan, jodoh, dan sebangsanya.

Selain itu, peran aktif media juga turut menjadi faktor penentu kepopuleran batu jenis ini. Semakin popular, maka akan semakin mahal pula harganya. Beberapa jenis batu jenis ini yang sempat popular di Indonesia antara lain batu akik kecubung, batu akik merah delima, batu akik kalimaya, batu akik bulu macan, batu akik sulaiman, batu akik tapak jalak, dan sebagainya. Masing-masing jenis batu tersebut memiliki warna dan coraknya yang khas.

Tips Memilih Batu Akik Terbaik

Banyak orang yang tergoda untuk membeli batu jenis ini, tetapi tidak dapat membedakan mana yang asli dan mana yang palsu. Akibatnya, banyak juga yang tertipu hingga jutaan rupiah. Saat hendak membeli, amati betul-betul ciri khasnya, baik dari segi warna, potongan, kejernihan, maupun beratnya. Anda dapat pula menanyakan sertifikatnya. Sama dengan batu mulia lainnya, batu akik yang asli dan berkualitas tinggi juga biasanya dilengkapi sertifikat. Bila perlu, ajaklah seseorang yang ahli dan bepengalaman untuk menilainya. Dengan begitu, Anda tidak akan mudah terjebak oleh mereka yang mengambil kesempatan di balik popularitas batu jenis ini.

Meski popularitasnya pasang surut, batu jenis ini tetap digemari sebagian orang. Jika Anda termasuk yang memiliki minat besar terhadapnya, Anda dapat membaca ulasan tiap batu jenis akik di Beli.com. Karena Beli.com tidak hanya menawarkan review produk gadget, tetapi juga aneka batu dan perhiasan. Sudah lengkap, akurat pula!