Windows

Setiap hari manusia di era modern ini tak bisa lepas dari komputer ataupun gadgetnya. Pekerjaan apapun yang dilakukan membutuhkan bantuan teknologi komputer. Sebuah komputer sendiri membutuhkan sistem operasi. Nah, Microsoft Windows atau yang lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah salah sistem operasi.dengan pengguna terbanyak di dunia. Dengan menggunakan basis modul teks dan command-line atau CLI (Command Line Interface) yang menyediakan lingkungan berbasis grafis (Graphical User Interface (GUI)), sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft ini mampu merangkul banyak teknologi, mulai dari komputer, laptop, hingga ponsel pintar.

Sejarah

Diprakarsai oleh dua orang bersahabat, yaitu Bill Gates dan Paul Allen. Keduanya pun merilis sistem operasi Windows 1.0 yang merupakan pengembangan dari MS-DOS pada tanggal 20 November 1985. Awalnya, sistem operasi ini rilis dengan maksud agar dapat menyaingi Apple Macintosh yang telah menggunakan GUI pada tahun 1981. Nama ini sendiri bersumber dari kelatahan seorang karyawan Microsoft yang menyebut nama sistem atau aplikasi tersebut sebagai Program Windows (Jendela Program).

Selanjutnya, versi 2 pun lahir. Sistem operasi ini merupakan Windows pertama yang bisa diinstal program, misalnya saja Microsoft Word versi 1. Barulah selanjutnya lahir dengan aplikasi tambahan yang lebih banyak, kelengkapan penggunaan, kerapian user interface atau antarmuka dan kemudahan konfigurasi. Beberapa versi terakhir dari sistem operasi ini (dimulai dari versi 4.0 dan Win NT 3.1) bahkan sudah menjadi sistem operasi mandiri yang tak lagi bergantung pada sistem operasi MS-DOS. Hingga kini, sistem operasi ini pun berkembang dan dapat menguasai penggunaan sistem operasi hingga 90 persen.

Microsoft pun mendulang kesuksesan saat merilis beberapa versi sistem operasi ini, misalnya Win XP, Win Vista, Win 7, dan Win 8. Tak cukup berhenti sampai di situ saja, Microsoft pun baru-baru ini mengeluarkan Win 10. Software Windows yang merupakan bagian dari keluarga sistem operasi Win NT ini diciptakan dengan tujuan untuk mengatasi kekurangan dalam antarmuka pengguna yang diperkenalkan oleh Win 8. Dalam sistem operasi ini, telah ditambahkan beberapa mekanik tambahan yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna untuk perangkat yang tidak memiliki layar sentuh, seperti komputer meja dan laptop, termasuk dalam hal pengembangan menu “Start”, kemampuan menjalankan aplikasi Bursa Windows pada desktop, dan sebagainya.

Munculnya Windows Phone

Microsoft lalu memperluas gerakannya sehingga sistem operasinya pun dapat dipakai pada ponsel pintar. Pada bulan Oktober 2010 diluncurkanlah Windows Phone, yang merupakan pengganti platform Windows Mobile (WP) . Perusahaan ponsel pertama yang dirangkul Microsoft adalah Nokia, yakni pada 11 Februari 2011. Dalam perjanjian di antara keduanya disebutkan, WP akan menjadi OS utama pada produk ponsel Nokia di masa mendatang—sebelumnya, ponsel Nokia menggunakan Symbian.

Hanya dalam kurun waktu 30 tahun saja, Sistem operasi ini telah digunakan pada ratusan juta bahkan milyaran komputer di dunia. Data terbaru menyebutkan, Win 10 saja telah digunakan di sekitar 200 juta komputer, per Januari 2016 lalu.

Apakah Anda juga merupakan salah satu pengguna Microsoft Windows? Jika Anda ingin menambah koleksi produk Windows di rumah, jangan lupa baca dulu review-nya di situs beli.com, situs review terlengkap di seluruh Indonesia.