Tenda

Tenda Technology merupakan salah satu pemasok perangkat dan peralatan jaringan tersohor di dunia.  Berdiri pada tahun 1999, Tenda telah dikenal menjadi solusi untuk networking yang mudah diaplikasikan. Produk-produk yang ditawarkan pun inovatif dan terkenal memudahkan masyarakat dalam mengakses internet.

Perkembangan Tenda Technolohy

Pada tahun 2007, perusahaan yang berbasis di Shenzhen, Tiongkok ini mulai meluncurkan strategi branding global. Dengan bantuan saluran distribusi di seluruh dunia, Tenda menyebarkan produknya sampai dikenal di lebih dari 100 negara di seluruh dunia. Kemudian pada tahun 2012, Tenda pun berhasil menjalin hubungan kemitraan strategis dengan Broadcom, sebuah produsen sirkuit terpadu (IC) untuk komunikasi jalur lebar yang berkantor pusat di Amerika. Kerja sama tersebut membuat Tenda dinobatkan sebagai mitra paling penting dari Broadcom di Tiongkok. Dalam proyek ini, Tenda mengadopsi Broadcom chip yang yang sama seperti perangkat Apple untuk membawa kinerja yang lebih baik untuk semua produk Tenda.

Kini, jaringan bisnis Tenda telah dikenal luas. Terbukti, Tenda telah memiliki 10 kantor cabang dan 50 kantor di Tiongkok dengan jumlah karyawan mencapai sekitar 1000 orang. Hingga kuartal III 2014, jumlah total penjualan Tenda mencapai lebih dari 500 juta. Pada saat yang sama, Tenda juga akhirnya memiliki tim layanan pelanggan hingga lebih dari 160 karyawan untuk melayani dan membantu memecahkan masalah yang ada pada level distributor dan konsumen dari seluruh negara.

Varian Produk Tenda Technology

Beberapa produk Tenda yang terkenal antara lain perangkat penyedia jaringan internet untuk rumah dan bisnis atau yang biasa disebut router, modem Tenda, dan sejenisnya. Produk utama yang paling banyak digunakan adalah router. Pasalnya router Tenda terkenal mempunyai kinerja yang baik dengan instalasi yang mudah. Tak hanya itu, sinyal yang dihasilkan router Tenda pun tergolong stabil. Harga router Tenda pun variatif sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan sehingga dapat menjangkau berbagai kelas ekonomi dalam masyarakat. Harganya berkisar antara Rp130 ribu hingga Rp300 ribu.

Perusahaan yang memiliki dua kantor pusat R&D di Shenzhen dan Chengdu ini juga meluncurkan produk modem Tenda. Modem yang diluncurkan bukanlah modem biasa, melainkan modem WiFi Tenda. Produk ini bias dibilang merupakan wujud inovasi yang dijanjikan Tenda kepada customer. Tenda WiFi ini sangat mudah dipasang. Hanya dibutuhkan kabel Ethernet untuk menghubungkan modem dengan port router. Selanjutnya, tinggal masuk atau login dan mengatur manajemen router. Keunggulan lain dari produk ini adalah adanya fitur bandwith control di mana penggunanya dapat membatasi penggunaan bandwith dari setiap client yang terhubung. Lalu, ada pula fitur IP address filter dan MAC address filter kalau ingin membatasi hak akses internet. Selain itu, produk unggulan Tenda ini dikenal simpel dan ringkas sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat, bahkan ketika ingin dipasang di meja kerja.