Smartfren

Smartfren berada di bawah naungan PT Smartfren Telecom Tbk berkantor pusat di Jakarta. Sebelumnya brand ini populer dengan nama Fren kemudian berubah menjadi Smart lalu dikenal dengan nama sekarang. Berdiri pada tahun 2011, kini perusahaan ini cukup memimpin pasar Indonesia untuk layanan telekomunikasi dan penyediaan teknologi terbaru. Ditambah lagi cakupan perusahaan yang semakin luas dengan ditariknya Smartfren menjadi bagian grup lawas Sinar Mas Group.

Merk ini awalnya bertindak sebagai operator telekomunikasi berbasis CDMA. Saat kejayaan Blackberry, operator inilah yang cukup bergaung menyediakan layanan data untuk Blackberry dengan jaringan CDMA. Kemudian, pada tahun 2015, perusahaan ini merambah dunia teknologi lewat smartphone dengan produk terlaris Smartfren Andromax. Kemudian, modem adalah produk selanjutnya yang cukup difavoritkan para pengguna Internet.

Tahun 2015 silam menjadi tahun yang cukup membanggakan bagi brand yang juga merupakan penyedia layanan telekomunikasi pertama yang telah menggunakan teknologi anyar 4G LTE Advanced di Indonesia. Tak lama kemudian pada tahun 2016, merk ini menjadi perusahaan telekomunikasi yang paling awal memberikan pelayanan Voice over LTE atau VoLTE komersial di Indonesia.

Berikut beberapa produk yang telah diluncurkan oleh brand ini sejak awal berdiri: Kartu Smart, Fren, Hepi dan Mobi, kartu perdana dengan beragam edisi, handphone basic, handphone Smartfren Andromax dan modem MiFi dan Connex beserta kartu berbasis 4G yang disematkan pada modem. Ada berbagai macam merk handphone Andromax yang terkenal antara Andromax EC, Andromax Q, Andromax C3, Andromax C2S, Andromax R, Andromax E2 dan masih banyak lagi. 

Untuk masalah harga, handphone merek andromax sendiri rata - rata selalu mematok harga yang cukup bersahabat untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Contoh nya untuk hp smartfren Andromax R yang sudah menadaptasi teknologi 4G LTE dihargai 1 juta-an saja.