BlackBerry PlayBook

BlackBerry PlayBook adalah merk tablet keluaran BlackBerry. Tablet BlackBerry ini pertama kali dirilis di pasaran pada tanggal 19 April 2011 di Kanada dan Amerika Serikat. Meski sama-sama berada di bawah naungan perusahaan BlackBerry, OS yang digunakan pada tablet BlackBerry ini tidak sama dengan OS smartphone BB biasa. Namun, setelah beberapa waktu, kedua OS digabungkan dan dikembangkan menjadi satu OS yaitu BlackBerry 10.

Sekilas Tentang BlackBerry PlayBook

Sejak tahun 2009, banyak masyarakat yang mulai menggunakan mini tablet komputer sebagai gadget mereka. Tablet secara umum lebih besar dibanding smartphone biasa dan lebih “menyenangkan” untuk dioperasikan. Namun sebenarnya isinya sama saja dengan smartphone. Perusahaan-perusahaan gadget seperti Samsung dan Apple kemudian mulai memproduksi tablet. Tentunya, hal ini tak ingin juga dilewatkan oleh BlackBerry. Perusahaan asal Kanada ini mulai melirik segmen tablet. Alhasil, pada tahun 2011, dirilislah tablet BlackBerry. Pada saat pertama dijual, tablet produksi BB ini dapat dibilang cukup sukses. Banyak orang yang tertarik untuk membeli tablet ini, apalagi bagi mereka yang sudah “fanatik” dengan gadget BlackBerry.

Spesifikasi BlackBerry PlayBook

Spesifikasi BlackBerry PlayBook dapat dibilang cukup bagus. Tablet ini membuat aktifitas bermain game dan browsing internet lebih mudah. Tablet BB ini dilengkapi dengan 1 GB RAM dan juga 1 GHz Texas Instruments OMAP 4430 CPU. Jadi, performanya sebenarnya dapat dibilang sudah cukup mumpuni. Material yang digunakan untuk membuat produk ini termasuk ringan. Alhasil, pengguna dapat membawa tablet ini kemana saja tanpa kesulitan. BlackBerry PlayBook memiliki resolusi kamera depan 3 MP dan kamera belakang 5 MP. Dengan layar 7 inch, pengoperasian tablet ini juga termasuk mudah. Tablet produksi BB ini dijual dalam 3 jenis tergantung seberapa besar kapasitas memorinya. Masing-masing jenis dijual dengan kapasitas memori 16 GB, 32 GB, dan 64 GB. Produk tablet BB ini juga dilengkapi dengan slot memori eksternal sehingga akan memudahkan pengguna untuk menyimpan file-file berukuran besar. Dari antara ketiga jenis tersebut, BlackBerry PlayBook 64GB merupakan produk tablet BB yang paling banyak diminati, termasuk di Indonesia.

BlackBerry PlayBook Saat Ini

Berkurangnya popularitas BlackBerry di pasaran berimbas pada penjualan produk tabletnya. Meski harga BlackBerry PlayBook cukup standar, kiprahnya tetap kalah dengan tablet keluaran Samsung dan juga dengan iPad. Karena itulah produk tablet ini berhenti diproduksi pada tahun 2013. Pada tahun 2015, ada rumor yang menyebutkan bahwa pihak BlackBerry akan menghidupkan kembali produk tabletnya. Namun, hingga hari ini belum ada produk tablet baru dari BB yang dijual di pasaran.

Meski sudah tidak ada keluaran terbarunya, produk second hand dari tablet keluaran BlackBerry ini masih bisa didapatkan di pasaran. Baca dulu review tentang produk tablet ini hanya di Beli.com. Dapatkan juga review tentang produk-produk BlackBerry lainnya di sini.