Intel

Siapa yang tak kenal dengan Intel? CPU Intel telah dipakai oleh sebagian besar orang di seluruh dunia. Intel Corporation merupakan sebuah perusahaan multinasional yang terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesornya. Perusahaan yang berkantor pusat di Amerika Serikat ini mengkhususkan produknya pada hal-hal yang berhubungan dengan sirkuit terpadu, termasuk juga membuat kartu jaringan, chipset papan induk, komponen, dan alat lainnya. Tak hanya itu, perusahaan ini memiliki proyek riset yang maju dalam seluruh aspek produksi semikonduktor, termasuk MEMS.

Sejarah

Konsep tentang prosessor sebenarnya sudah ada sejak tahun 1904, yakni sejak Sir John Ambrose Fleming, seorang ilmuwan Inggris, menciptakan sebuah otak untuk komputer yang berupa tabung dioda. Temuan tabung hampa udara sebagai otak dalam pengoperasian komputer ini sangat popular dan kemudian dikembangkan menjadi tabung trioda, tetrode, dan pentode. Barulah pada tahun 1956, tabung hampa udara mulai ditinggalkan oleh ilmuwan komputer. Sebagai gantinya, mereka beralih pada transistor karena ukurannya jauh lebih kecil. Era semikonduktor pun memasuki kejayaannya pada tahun 1960-an.

Sebelum ada Intel, dulu ada sebuah perusahaan serupa bernama Fairchild. Dua orang karyawan perusahaan ini, yakni Gordon Moore dan Robert Noyce, pada akhirnya memutuskan keluar dan mendirikan Intel Corporation pada tahun 1968. Nama perusahaannya sendiri dibeli dari sebuah perusahaan bernama Intelco dan dipilih karena merupakan singkatan dari “Integrated Electronic". Setahun kemudian, perusahaan ini merilis produk perdananya berupa RAM statik 1101, yang merupakan MOS (Metal Oxide Semi-Conductor) pertama di dunia. Produknya tersebut dikembangkan kembali menjadi produk baru bernama Schottky bipolar 64-bit static random access memory (SRAM) 3101. Dua produk itulah yang menjadi daya tarik perusaahaan ini serta mampu menyedot perhatian banyak investor.

Produk Andalan

Prosessor Intel pun semakin diperhitungkan dari tahun ke tahun. Dengan banyak pengembangan, perusahaan inipun meluncurkan banyak produk prosessornya. Beberapa produknya yang dikenal banyak orang antara lain Pentium, Celeron, hingga Intel Core, mulai dari Intel Core i3 hingga yang terbaru, Intel Core i7. Perusahaan ini juga mengeluarkan Intel HD graphics yang diadopsi oleh vendor produsen PC dan laptop untuk melengkapi produk PC dan laptop kelas low end sampai kelas menengah. Prosessor jenis ini, memungkinkan penggunanya untuk mengolah gambar atau memutar film berdefinisi tinggi di komputer atau laptopnya.

Hanya dalam kurun waktu seperempat abad, produk-produk unggulan tersebut mampu mengantarkan beberapa Chief Executive Officer alias CEO-nya menjadi orang-orang paling berpengaruh dan menginspirasi di dunia. Tak hanya itu, perusahaan yang mempekerjakan kurang lebih 95 ribu orang tersebut juga mampu meraup keuntungan sebesar 11,42 milyar dolar pada awal tahun 2016  dari penjualan produk-produknya.

Ingin memiliki produk laptop atau PC dengan prosesor dari perusahaan kenamaan ini? Baca dulu review selengkapnya di beli.com, situs penyedia review berbagai produk yang paling terpercaya.