HP

Hewlett-Packard Company atau lebih familiar dengan nama HP adalah salah satu perusahaan teknologi informasi yang diakui di dunia. Hewlett-Packard Company didirikan oleh dua orang bersahabat yang bernama Bill Hewlett dan Dave Packard. Bermarkas besar di Palo Alto, California, Amerika Serikat, perusahaan ini memiliki andil besar di bidang komputasi, percetakan, gambaran digital, perangkat lunak, serta pelayanan jasa lainnya. Beberapa produk HP yang banyak dicari antara lain monitor, komputer, laptop, printer, kamera digital, smartphone, dan lain-lain.

Sejarah Hewlett-Packard Company

Siapapun akan tercengang ketika mengetahui bagaimana awal mula Hewlett-Packard Company didirikan. Pasalnya, perusahaan ini didirikan pada tahun 1939 hanya dengan modal awal 538 dolar saja dan dijalankan di sebuah garasi sewaan Packard. Penentuan nama perusahaan—apakah akan menggunakan nama Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett—pun dilakukan hanya dengan melempar koin. Meski terkesan main-main, usaha yang dilakukan Hewlett dan Packard tidak bisa dibilang main-main. Keduanya bekerja keras untuk semua proyeknya.

Proyek pertama Hewlett-Packard adalah osilator audio presisi yang diberi nama HP200A. Produk Hewlett-Packard yang popular pada era 1960-an tersebut dikembangkan hingga akhirnya dilirik oleh Walt Disney Productions yang membeli delapan osilator Model 200B untuk dipasang di bioskop untuk film Fantasia.

Beberapa Produk Hewlett-Packard

Dalam perjalanannya, pada tahun 1968 Hewlett-Packard berhasil memperkenalkan komputer pribadi yang mengusung konsep desktop calculator pertama di dunia yang diberi nama HP 9100A. Mesinnya diciptakan 10 kali lebih cepat dari mesin yang lain sehingga dapat melakukan perhitungan rumit tanpa perlu mengakses komputer berukuran besar. Produk awal inilah yang memicu brand ini untuk terus berinovasi sehingga dapat meluncurkan monitor HP, laptop HP, notebook HP, dan berbagai macam perangkat komputer lainnya.

Memasuki era 1980-an, Hewlett-Packard juga mulai memperkenalkan baik inkjet dan printer laser buatannya. Teknologi printer HP yang kemudian dikembangkan dengan memadukan printer, scanner, mesin fotokopi, dan mesin fax, juga sukses mencuri perhatian banyak orang. Tak heran, banyak orang yang lebih mempercayai teknologi cetak yang diluncurkan Hewlett-Packard dibandingkan merek lain.

Tak mau ketinggalan dari perusahaan teknologi yang lain, Hewlett-Packard pun kini bermain di sektor gadget dengan membuat personal digital assistant (PDA), aneka perangkat pintar, dan lain-lain. Smartphone HP misalnya, dijual dengan harga yang tergolong variatif, mulai dari Rp400 ribu hingga jutaan rupiah, tergantung spesifikasinya masing-masing.

Beberapa produk HP tersebut mampu membuat Hewlett-Packard Company tumbuh menjadi perusahaan di bidang teknologi informasi yang patut diperhitungkan. Kabarnya, perusahaan yang memiliki karyawan sebanyak kurang lebih 315 ribu orang tersebut juga mampu meraup laba hingga 7 milyar dolar pada tahun 2015.

Nah, apakah Anda termasuk yang menyukai produk-produk dari brand ini? Kalau iya, dan kebetulan akan membeli produk tertentu, bacalah reviewnya dulu di Beli.com. Beli.com merupakan situs penyedia review terlengkap sehingga membantu memudahkan konsumen yang akan melakukan survei produk.