Canon

Meski sudah dipakai jutaan orang di dunia, tak banyak yang mengetahui bahwa Canon Inc. atau yang lebih familiar dengan nama Canon merupakan perusahaan multinasional yang berasal dari Jepang. Perusahaan yang berdiri pada 10 Agustus 1937 ini mengkhususkan diri dalam pembuatan produk yang berhubungan dengan gambar dan optik, termasuk kamera, mesin fotokopi, printer komputer, dan sebagainya.

Sejarah

Sebelumnya, perusahaan ini merupakan sebuah Laboratorium Peralatan Optik Presisi yang didirikan pada tahun 1933 oleh Yoshida Goro dan adik iparnya, Uchida Saburo. Laboratorium yang didanai oleh Takeshi Mitarai, teman dekat Uchida, ini awalnya didirikan dengan tujuan untuk mengadakan riset dalam rangka pengembangan kamera berkualitas. Namun, barulah pada Juni 1934, mereka berhasil meluncurkan kamera pertamanya, Kwanon. Nama Kwanon ini merupakan nama Dewi welas asih dalam agama Budha. Pada tahun berikutnya, perusahaan ini pun mengubah namanya menjadi Canon supaya terkesan lebih modern daripada nama sebelumnya.

Produk

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Canon merupakan perusahaan yang sejak awal konsisten menciptakan produk yang berhubungan dengan gambar dan optik. Produk pada awal masa berdirinya yang dikenal orang adalah kamera Canon. Sejak tahun 1984, perusaaan ini telah memproduksi dan mendistribusikan kamera digital, mulai dari RC-701 dan berbagai macam seri RC, hingga PowerShot dan IXUS. Perusahaan yang berkantor pusat di Ōta, Tokyo, Jepang ini juga mengembangkan seri EOS (Electro-Optical System) untuk kamera digital single-lens reflex (DSLR). Canon EOS ini kemudian sering menjadi pilihan utama fotografer, baik yang masih pemula maupun yang profesional.

Perusahaan ini juga terkenal dengan produk mesin pencetaknya. Selama bertahun-tahun, produk printer Canon dipakai banyak orang dan menjadi primadona di industri percetakan laser. Bahkan, produk pertama Apple LaserWriter dan produk yang setara yang dicptakan oleh HP juga menggunakan mesin Canon LBP-CX. Untuk melengkapi kebutuhan pengguna setiap produk printernya, perusahaan ini pun mengeluarkan cartridge Canon dan scanner Canon. Dengan adanya kedua produk ini, pengguna pun jadi semakin mudah menggandakan serta mencetak sebuah gambar dengan hasil yang berkualitas atau menyamai file digitalnya.

Beberapa produk tersebut akhirnya mengantarkan perusahaan ini. tumbuh menjadi perusahaan manufaktur di bidang gambar dan optik yang berkembang pesat. Perusahaan yang memiliki slogan “Delighting You Always” ini sudah menaungi sebanyak kurang lebih 191,889 orang sebagai karyawannya pada tahun 2015. Dengan pencapaian tersebut, tak heran jika perusahaan ini mampu meraup keuntungan hingga 220,20 miliar per 2015 lalu.

Kalau Anda termasuk yang menyukai produk dari perusahaan Jepang ini dan berencana membeli salah satu produknya, pastikan untuk membaca reviewnya dulu di Beli.com. Hanya Beli.com nih, yang dikenal sebagai situs penyedia review terlengkap sehingga membantu memudahkan konsumen Indonesia yang akan melakukan survei produk.