BlackBerry 10

BlackBerry 10 merupakan sistem operasi eksklusif yang diciptakan oleh BlackBerry untuk perangkat pintar BlackBerry. Pembuatan BlackBerry OS 10 ini didasarkan pada QNX, sistem operasi Unix-seperti yang pada awalnya dikembangkan oleh QNX Software Systems sampai perusahaan diakuisisi oleh BlackBerry pada bulan April 2010. Kemunculan sistem operasi BlackBerry 10 ini digadang-gadang menjadi titik kebangkitan BlackBerrry di tengah gempuran perangkat Android dan iOS.

Fitur Istimewa OS BlackBerry 10

Berbeda dengan sistem operasi BlackBerry sebelumnya yang cenderung mengandalkan tombol qwerty, BlackBerry 10 juga mulai menggunakan sistem user interface yang menggunakan kombinasi gerakan dan interaksi berbasis sentuh untuk navigasi dan kontrol. Dengan begitu, pengguna BlackBerry 10 dapat mengontrol perangkat tanpa harus menekan tombol fisik apa pun, kecuali tombol power untuk menghidupkan atau menonaktifkan.

Gadget BlackBerry dengan OS BlackBerry10

Beberapa produk BlackBerry yang mengaplikasikan sistem BlackBerry OS 10 ini adalah Blackberry Z10 dan BlackBerry Q10. Produk BlackBerry Z10 rilis pada akhir bulan Januari 2013 dan merupakan produk pertama perusahaan asal Kanada itu yang keseluruhan bodinya berupa layar sentuh. Tidak mau kalah dengan pesaingnya, BlackBerry Z10 ini dilengkapi dengan sebuah prosesor berkecepatan akselerasi 1.5 GHZ untuk membuat kinerja perangkatnya menjadi lebih optimal. BB Z10 juga mempunyai sederet fitur yang memungkinkan penggunanya melakukan banyak hal dengan cepat.

Lalu, ada pula BlackBerry Q10. Produk yang juga menggunakan sistem operasi BlackBerry 10 ini diluncurkan pada tahun yang sama dengan peluncuran sistem operasinya serta BB Z10. Spesifikasinya sendiri hampir sama dengan BB Z10. Salah satu hal yang membedakannya adalah kapasitas baterainya yang lebih besar, yaitu 2100 mAh. BB Q10 juga memiliki layar AMOLED yang menawarkan refresh rate yang lebih tinggi.

Perkembangan OS BlackBerry 10

Hingga saat ini, BlackBerry belum berencana meluncurkan produk bersistem operasi BlackBerry 10 lagi. BlackBerry malah meluncurkan produk perangkat pintar dengan sistem Android. Produk smartphone tersebut diberi codename Priv, Neon, Argon, dan Mercury. Kesemua smartphone berbasis Android ini memiliki fitur dan kisaran harga yang berbeda-beda.

Meski belum menciptakan perangkat dengan sistem operasi BlackBerry lagi, perusahaan yang memiliki karyawan sebanyak 4.534 orang ini berjanji akan tetap melanjutkan bahkan meningkatkan layanan pada sistem operasi BB 10, baik dari segi keamanan maupun privasinya. Bukti bahwa BlackBerry masih menaruh perhatian terhadap BB 10 ditunjukkan dengan dirilisnya update BB 10.3.3 dan rencana rilis versi terbarunya pada tahun depan. BlackBerry juga tidak bermaksud untuk ‘mematikan’ sistem operasi buatannya sendiri, melainkan hanya sedang berfokus pada peningkatan pangsa pasar melalui produk berbasis Android.

Demikianlah pemaparan berbagai macam informasi mengenai sistem operasi Blackberry 10. Apakah Anda masih menjadi pengguna setia produk dengan BlackBerry OS 10? Silakan lihat aneka produk yang ditawarkan beserta reviewnya di kategori brand. Baca juga review produk dari brand lain hanya di situs penyedia review terbaru dan terlengkap, Beli.com.