Beats

Beats Electronic merupakan salah satu perusahaan audio besar dan terkenal di dunia. Perusahaan ini didirikan oleh penyanyi rap dan juga produser musik yang dikenal dengan nama Dr.Dre dan rekannya yang merupakan seorang entrepreneur bernama Jimmy Lovine.

Sejarah

Berdiri pada tahun 2006, awalnya perusahaan ini bekerjasama dengan perusahaan Monster Cable untuk membuat produk headphone. Produk pertama yang berhasil dibuat adalah headphone Beats by Dr.Dre dan resmi diluncurkan pada tahun 2008. Strategi promosi yang pertama kali dilakukan oleh perusahaan ini adalah dengan cara melakukan endorsement pada beberapa artis pop dan hip hop serta menayangkan produk ini di video musik musisi lainnya. Strategi ini terbilang cukup sukses dalam menaikkan popularitas produk-produknya.

Tahun 2012, Perusahaan ini memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Monster Cable dan berdiri sendiri. Alhasil, perusahaan ini lebih leluasa untuk berinovasi dan menentukan arah perusahaannya. Hal ini terbukti ketika di tahun yang sama perusahaan ini memperkenalkan produk yang kali ini benar-benar hasil karya mereka yang dikembangkan sendiri yaitu headphone dan speaker wireless.

Perusahaan ini akhirnya mendaftarkan brandnya dengan nama Beats Audio dan memproduksi alat audio lainnya seperti earphone, speaker, serta headset Beats. Harga barang-barang dari brand ini memang tergolong tidak murah, contohnya saja seperti harga headphone Beats yang beriksar antara Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 5.000.000.

Pada Januari 2014 lalu, mereka meluncurkan layanan musiknya bernama Beats Music di Amerika Serikat. Ini merupakan layanan music streaming yang bias diakses secara online dengan internet. Pengguna layanan ini dapat menggunakan metode berlangganan untuk mengakses layanan music streaming yang menyediakan kurang lebih 20 juta lagu ini. Harga yang ditawarkan untuk berlangganan layanan ini adalah sekitar Rp 120.000 per bulan atau Rp 1.000.000 per tahun.

Akusisi Apple

Bulan Mei 2014, terdengar rumor jika perusahaan teknologi raksasa Apple Inc berencana untuk mengakusisi perusahaan ini senilai USD 3,2 miliar. Apple akhirnya secara resmi membenarkan berita tersebut dan mengumumkan bahwa mereka setuju untuk membeli perusahaan ini dengan harga USD 3 miliar, tidak jauh dari rumor media yang beredar.

Proses akusisi ini selesai sekitar akhir 2014 setelah mendapatkan persetujuan dari semua pihak terkait. Pendirinya, Dr.Dre dan Jimmy Lovine tetap berada di perusahaan ini dan menjadi eksekutif Apple.

Berbagai produk Beats

Saat ini produk-produknya memiliki berbagai varian produk headphone, earphone, dan speaker. Produk headphone dari brand ini yang banyak dikenal diantaranya adalah Headphone Studio Wireless, Beats EP, Solo2, dan Pro. Sedangkan untuk earphone, memiliki produk dengan nama Urbeats. Speaker besutan produk ini sendiri dinamai dengan Beats Pill+. Produk ini juga mudah didapatkan di Indonesia, banyak toko dan situs yang membuka layanan jual earphones Beats, headphone, dan lainnya.