Asal Muasal Terbentuknya Minyak Kemiri

Asal Muasal Terbentuknya Minyak Kemiri

Asal-muasal minyak kemiri sering dipertanyakan oleh banyak orang. Kemiri sedari dulu merupakan bahan alami yang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Kemiri yang memiliki nama latin aleurites mouccana ini memiliki kandungan minyak pada bijinya. Jadi selain digunakan sebagai penyedap masakan pada makanan, kemiri juga diambil minyaknya. Bahkan dalam dunia industri, kemiri bermanfaat sebagai bahan pembuatan cat.

Karakteristik Tanaman

Kemiri merupakan tanaman pohon besar yang masuk dalam kategori rempah-rempah. Tanaman kemiri mempuyai ciri khas yaitu bentuk buahnya yang berwarna hijau dengan tempurung keras berwarna hitam dan warna kuning muda pada buahnya. Pohon kemiri sendiri bisa tumbuh sekitar 15 sampai 25 meter atau bahkan lebih tinggi. Kemiri dapat tumbuh subur di Indonesia. Karena itulah banyak masakan khas Indonesia yang menggunakan kemiri di dalamnya. Namun demikian, Indonesia bukanlah tempat kemiri berasal. Konon katanya, pohon kemiri berasal dari Hawaii.

 Pengolahan Menjadi Minyak

Asal-muasal minyak ini tentunya berasal dari biji kemiri yang diproses. Proses inilah yang memakan waktu yang cukup lama. Minyaknya bisa diperoleh dengan memecahkan bijinya.Biji kemiri bertekstur sangat keras. Karenanya, membuka biji kemiri tidaklah mudah sama sekali. Setelah biji kemiri berhasil dipecahkan, isi dari biji kemiri akan ditumbuk halus dan dicampur dengan air. Nantinya, akan ada lapisan minyak yang terbentuk di permukaan air. Inilah minyak kemiri mentah. Minyak akan dipisahkan dari air, disaring, dimasak, dan didinginkan. Setelah siap, minyak kemiri akan dimasukkan ke dalam botol dan dijual ke masyarakat.

 Kandungan Gizi

Jika tidak mempunyai kandungan gizi dan manfaat yang tinggi, tentunya tidak akan sepopuler sekarang ini. Minyak kemiri mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Selain itu, minyak kemiri juga mengandung asam folat yang bisa menurunkan kolesterol dan meningkatkan kinerja otak. Minyak kemiri juga mengandung vitamin tinggi sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit.

 Manfaat

  • Mengatasi Masalah Rambut

Minyak kemiri terkenal khasiatnya untuk rambut. Minyak ini memiliki kandungan zat alami yang bisa membantu menghilangkan berbagai masalah pada rambut seperti kerotokan dan rambut beruban. Minyak kemiri dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghitamkan rambut. Jadi, tidak perlu adanya penggunaan bahan kimia dengan efek samping untuk menghitamkan rambut. Mengoleskan minyaknya pada akar rambut secara teratur juga terbukti dapat memperkuat akar rambut dan mengatasi kerontokan pada rambut. Volume rambut juga akan menjadi lebih tebal jika minyak ini rutin digunakan. Bagi yang rambutnya mulai beruban, coba oleskan minyak kemiri secara teratur pada rambut setiap pagi hari sehabis bangun tidur dan setiap malam hari sebelum tidur. Alhasil, rambut akan kembali berwarna hitam alami.

  • Mencegah Kolesterol

Selain baik bagi rambut, ternyata minyak kemiri juga cukup efektif dalam membantu mengatasi masalah kesehatan lainnya. Terdapat kandungan zat fitosterol dalam minyak kemiri. Zat ini akan berfungsi untuk membunuh enzim pembentuk kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Tanpa minyak kemiri, organ dalam tubuh terutama organ hati akan rentan terhadap pembentukan kolesterol jahat.

Memuat Data...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*